Sukses

Berkat Muay Thai, Andien Babat Habis 9 Lagu Lebih Tanpa Capai

Andien tidak pernah sedikit pun meninggalkan kebiasaannya untuk berolahraga, dan yang sering kali dilakukannya adalah Muay Thai

Di tengah kesibukannya sebagai seorang penyanyi, Andien tidak pernah sedikit pun meninggalkan kebiasaannya untuk berolahraga. Salah satu olahraga yang sering kali dilakukannya adalah Muay Thai.

Jika selama ini Muay Thai atau Tinju Thai identik dengan olahraga laki-laki, siapa yang mengira kalau sosok Andien yang terkenal feminim telah sangat lama berlatih olahraga bela diri yang dikenal cukup keras ini.

"Aku ikut Muay Thai sejak 2009 akhir. Soalnya, pada saat Java Jazz di bulan Februari 2010, aku merasakan nggak capek nyanyi banyak lagu," kata Andien, kepada tim Health Liputan6.com di sela-sela latihannya, di Muay Thai Training Camp yang terletak di kawasan Panglima Polim 2, Jakarta Selatan, Sabtu (24/8/2013)

Penyanyi yang baru saja mengeluarkan album bertajuk #Andien ini menuturkan, sebenarnya setiap orang itu butuh olahraga kardio, seperti renang, lari, sepeda, dan Muay Thai ini sendiri. "Itu semua dilakukan, untuk menjaga kesehatan jantungnya. Terlebih, ini sangat baik untuk stamina setiap orangnya," tambah dia.

Sebenarnya, apa yang membuat dara 27 tahun ini begitu antusias dengan olahraga Muay Thai yang sepertinya terlalu keras untuk dilakukan perempuan seperti Andien?

"Muay Thai salah satu pilihan olahraga kardio. Olahraga ini buat aku cocok, karena nggak bosan. Kalau lari 'kan, di track yang sama. Kalau Muay Thai, kayaknya lebih kena ke seluruh badan," ujarnya.

"Ya tangannya, ya kakinya, semuanya deh. Kombinasi sit upnya juga. Senang banget, karena bisa membentuk perut dan segala macamnya," tambah Andien.

Manfaat yang sudah dirasa sangat jelas oleh murid Elfas Secioria ini, ketika ia rutin berlatih Muay Thai adalah, ketika Andien bernyanyi di atas panggung. Bila biasanya di lagu ke-9 dia sudah merasa capai, semenjak berlatih ini ia mampu menyelesaikan nyanyiannya lebih dari sembilan.

(Adt/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.