Sukses

Pria `Moody` & Wanita Cerewet Punya Anak Lebih Sedikit

Anda punya masalah dengan kesuburan? Jika iya, cek kepribadian Anda.

Anda punya masalah dengan kesuburan? Jika ya, cek kepribadian Anda. Sebuah penelitian yang mengejutkan mengungkapkan ada hubungan antara kepribadian seseorang dengan angka kelahiran.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di European Journal of Personality, pria yang ekstrovert dan terbuka seperti Jamie Oliver memiliki lebih banyak anak. Sementara pria dengan kepribadian neurotik mempunyai lebih sedikit anak.

Pada penelitian ini, kepribadian berpengaruh kepada seberapa kemungkinan seseorang untuk memiliki anak. Penelitian dilakukan dengan menggunakan survei ekstensif dan data register kelahiran di Norwegia. Pada wanita, yang digolongkan teliti (cerewet) saat tes kepribadian cenderung memiliki sedikit anak.

"Efek kepribadian bisa menjadi salah satu faktor yang memengaruhi penurunan tingkat kesuburan di Eropa," kata Vegard Skirbekk yang memimpin penelitian seperti dikutip dari Dailymail, Jumat (23/8/2013).

Skirbekk mencatat, ada penurunan dalam angka kelahiran pada pria pria yang neurotik, yang cenderung murung dan emosional.

Studi ini menemukan bahwa efek hanya berlaku untuk laki-laki yang lahir setelah 1957. Memang, studi ini dilakukan di Norwegia, namun Skirbekk mengatakan bahwa temuan mungkin berlaku lebih luas.

(Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini