Sukses

Gay Dilarang Donor Darah! Aturan Ini Mau Dicabut!

Walikota Champbell, California, Evan Low mendesak FDA untuk mencabut larangan donor darah oleh gay.

Walikota daerah Champbell, California, Evan Low mengakhiri larangan yang dibuat Food and Drug Administration (FDA) terkait donor darah oleh gay. Evan Low membuat laman online untuk mendukung berakhirnya penangguhan seumur hidup pada donor darah dari pria gay.

Pria kelahiran 1983 ini mendesak FDA untuk mencabut larangan melalui petisi online di Change.org.

"Larangan ini merupakan praktik diskriminatif yang perlu diakhiri," jelasnya.

Website yang dibuat 9 Agustus dan sejauh ini telah mengumpulkan lebih dari 19.000 pendukung dari seluruh negeri.

Low pernah ditolak ketika menyosialisasikan hal ini di pinggiran San Jose di Sillicon Valley. "Ini ironis dan tidak masuk akal bahwa sebagai seorang pria gay yang sehat tidak boleh menyumbangkan darah sendiri," kata Low.

FDA yang mengatur suplai darah bangsa, melembagakan larangan donor darah dari pria yang berhubungan seks dengan laki-laki (LSL) di puncak krisis AIDS.

"Larangan ini dirasa tidak adil terhadap pria gay dan biseksual yang hidup pada dekade melalui diskriminasi," ungkapnya dikutip Nydailynews, Jumat (23/8/2013).

Low mengatakan banyak orang telah menanggapi masalah tersebut. Low sendiri bersikukuh pada pendirian bahwa ini merupakan tindakan diskriminasi.

"Marilah kita beri kesempatan pada orang-orang yang mau mengorbankan diri mereka sendiri sebagai anggota masyarakat dan ingin berkontribusi lewat donor darah," katanya.

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.