Penyebab Satu Bayi Kembar 5 Meninggal

  • Info Sehat
  • 0
  • 21 Agu 2013 16:41

bayi-bw-130821c.jpg
Kematian Muhamad Alhaviz, satu dari lima bayi munggil yang lahir secara prematur di Rumah Sakit Anak Bunda Harapan Kita Jakarta ternyata disebabkan oleh organ dalam bayi yang belum berkembangseperti ditayangkan di Liputan6 Petang, Rabu (21/8/2013) Jam 16.30 WIB. Pihak rumah sakit menyatakan, bayi yang lahir dalam masa 24 minggu memang rentan untuk bisa bertahan hidup.

Kondisi serupa juga dialami oleh empat saudaranya yang lain, bahkan hingga kini ke empat bayi yang lahir dengan bobot 400 gram dan panjang 27 cm itu masih dalam masa kritis dan harus dipantau intensif hingga seminggu ke depan. 

Kelahiran bayi kembar 5 yang merupakan hasil proses inseminasi dimana sel telur ibu dipacu oleh obat hingga akhirnya siap dibuahi oleh sperma ini sama sekali tidak diduga akan menghasilkan lima anak sekaligus. Keluarga pasien pun menyatakan masa kehamilan berjalan normal.

Bayi kembar 5 sendiri lahir pada hari Selasa 20 Agustus karena sang ibu sudah mengalami pendarahan dahsyat pada masa kehamilan 24 minggu. Tim dokter yang menanggani akhirnya memutuskan untuk melakukan operasi secara sesar.

Sehari setelah dilahirkan, satu dari lima bayi kembar akhirnya meninggal dunia. Sementara empat bayi lainnya masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Harapan Kita Jakarta.

Kondisi bayi kembar lima anak pasangan Bagus Parasnawira dan Enita Fentrikana masih harus menjalani perawatan di Rumah Sakit Harapan Kita Jakarta karena kondisi mereka yang lemah setelah menjalani perawatan selama sehari.

Salah satu dari lima bayi kembar itu akhirnya meninggal dunia. Bayi laki-laki bernama Muhamad Alhaviz mengembuskan nafas terakhir karena kondisinya makin melemah.

Empat bayi yang masih hidup hingga kini masih harus dimasukan dalam inkubator agar bisa bertahan hidup. Sang ayah yang hanya bekerja sebagai buruh pabrik kebingungan lantaran harus menanggung biaya perawatan.

Saat dilahirkan masing-masing dari lima bayi kembar hanya memiliki berat 400 gram, kelima bayi hanya berada di dalam kandungan selama 24 minggu atau enam bulan.

(Abd)

Credit: Abd


Related Articles
Terpopuler