Sukses

Fasilitas Pengekstrak Herbal, Pertama di Indonesia Diresmikan

Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi secara resmi menyerahkan IEBA (Izin Industri Ekstra Bahan Alam) pertama di Indonesia pada PT. Dexa Medica.

Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi secara resmi menyerahkan IEBA (Izin Industri Ekstra Bahan Alam) pertama di Indonesia pada PT. Dexa Medica. Tak hanya itu, menkes juga sekaligus meresmikan fasilitas IEBA, Dexa Laboratories of Biomolekular Science yang telah mampu memproduksi bahan baku aktif obat herbal. Fasilitas ekstrak herbal ini merupakan yang pertama di Indonesia.

"Pada kesempatan ini saya ucapkan selamat dan apresiasi untuk inisiatif dalam pengembangan industri bahan baku ekstrak herbal. Karena hal ini merupakan bukti yang dapat dilakukan anak bangsa," ucap menkes saat sambutan dalam acara Peresmian Industri Ekstrak Bahan Alam (IEBA) Dexa Laboratories of Biomolekular Sciences, PT Dexa Medica, Cikarang, Jawa Barat, Selasa (20/8/2013)

Menkes menilai, Indonesia memiliki kekayaan alam melimpah dan keanekaragaman hayati termasuk tanaman obat. Sehingga langkah ini adalah cara tepat dalam perkembangan obat berbahan baku herbal.

"Kementerian Kesehatan berharap agar IEBA dapat melanjutkan penelitian untuk terus menciptakan inovasi. Sehingga bisa menghasilan obat bermutu yang diproduksi di Indonesia," jelasnya.

Terakhir, menkes menyampaikan bahwa pemerintah bangga atas prestasi Dexa atas inisiatifnya dalam mengembagkan usaha di bidang manufaktur dan distribusi obat. Karena hal ini termasuk upaya dalam menyukseskan program Jaminan Kesahatan Nasional (JKN). Dan semoga hal ini dapat diikuti oleh industri swasta lain utk mendistribusikan obat bermutu.

(Fit/Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.