Sukses

Ingin Jadi Vegetarian? Perhatikan 4 `Jebakan` yang Dihindari

Sebelum Anda berniat untuk menjadi seorang vegetarian, ada baiknya untuk memerhatikan 4 jebakan yang harus dihindari.

Beberapa tahun ini gaya hidup vegetarian tengah tren di kalangan kaum urban. Tapi sayangnya, banyak dari pelaku vegetarian yang salah kaprah terhadap beberapa hal.

Seperti dilansir Rd.com, Sabtu (15/8/2013), sebelum Anda berniat untuk menjadi seorang vegetarian, ada baiknya untuk memperhatikan 4 jebakan yang harus dihindari.

1. Protein

Kebanyakan vegetarian mengesampingkan pentingnya asupan protein. Bila protein jarang dimasukkan ke dalam tubuh, berakibat akan kehilangan masa otot, dan sistem kekebalan tubuh menjadi lemah.

Selain itu, kurang protein akan menyebabkan adanya gangguan pada penglihatan dan anemia.

Untuk itu, kombinasikanlah sumber protein nabati pelengkap untuk membuat protein lengkap.

Cukup tumis tahu atau tempe dengan sayuran. Atau tumis buncis dan kacang-kacangan yang merupakan sumber protein terbaik.

2. Vitamin


Vitamin pun banyak yang menganggap kalau ini tidak diperlukan. Harus diingat, tubuh membutuhkan vitamin B12 untuk tugas penting dalam pembuatan sel darah merah, pembentukan saraf.

Vitamin D sangat penting untuk tulang yang kuat, karena dapat membantu tubuh menggunakan kalsium.

Agar vitamin D terpenuhi, selain menyerap dari sinar matahari, Anda juga perlu untuk mengonsumsi beberapa makanan yang terbuat dari gandum.

3. Terlalu sedikit kalori

Vegetarian cenderung kelebihan berat badan karena biasanya mengonsumsi sedikit kalori ketimbang yang omnivora, dan penelitian telah menunjukkan pola maka nabati dapat melindungi seseorang terhadap obesitas.

Untuk mendapatkan kalori yang berarti, pilihlah makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah kering, yang semuanya memiliki kalori tinggi.

Anda dapat menambahkan almon di dalam salad yang Anda konsumsi.

4. Kehilangan mineral

Terlalu sedikit zat besi dapat menyebabkan anemia, yang membuat Anda lemah dan lelah.  Dapatkan cukup kalsium penting, untuk menangkal osteoporosi, dan menjaga tekanan darah.

Zat besi dapat memengaruhi kadar testosteron dan sperma yang sehat. Untuk meningkatkan asupan mineral Anda, makanlah serelah yang diperkaya zat besi.

Lalu, minumlah segelas jus jeruk untuk membantu menyerap zat besi dari makanan nabati, dan merencakan diet kaya sayuran hijau tua, tahu, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

(Adt/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.