Sukses

[VIDEO] Diet Ekstrem dengan Jahit Lidah, Bobot Sebulan Turun 9 Kg

Diet biasanya dipilih orang yang ingin menurunkan berat badannya. Ada diet yang jenisnya ekstrem dengan menjahit tempelan ke lidahnya.

Diet biasanya dipilih orang yang ingin menurunkan berat badannya. Ada diet yang jenisnya ekstrem dengan menjahit tempelan ke lidahnya. Ternyata, diet ekstrem itu bisa menurunkan bobot dua wanita rata-rata hingga 9 kilogram (kg) dalam 30 hari.

Keduanya adalah Marlene Beltran (20) dan Lysander Lanuza (27). Tempelan berukuran perangko dari plastik dijahitkan oleh dokter ke lidahnya. Cara yang dikenal Tounge Patch Diet itu diharapkan bisa menurunkan berat badannya dengan cepar,

Kedua wanita yang ingin cepat kurus itu mengaku paling sulit mengontrol keinginannya untuk mengonsumsi makanan. Dengan menjahitkan tempelan di lidahnya, tentu lidahnya akan kesakitan dan tidak nyaman saat makan.

Cara diet itu memang menyiksa, tap Beltran dan Lanuza senang dengan hasil yang diperolehnya.

Lanuza kehilangan berat badan hingga 10 Kg, sementara Beltran sebesar 8 Kg.

Diet di lidah itu dikenalkan pada 2009 oleh Ahli Bedah Plastik Beverly Hills Nikolas Chugay. Patch (tempelan plastik) tersebut dilekatkan ke lidah dengan enam jahitan. Prosedur tersebut membutuhkan waktu selama 10 menit dengan biaya US$ 2.000 atau Rp 20 juta.

Jahitan tersebut membuat siapapun yang melakukan diet tersebut kesakitan jika mengonsumsi makanan padat. Alhasil, pengguna dipaksa untuk membatasi diet cairan 800 kalori yang dikembangkan Dr Chugay.

Seperti dikutip Dailymail, Rabu (14/8/2013), Lanuza awalnya beratnya 90 Kg dan termotivasi dengan perjalanan ke Hawaii dalam waktu satu bulan. Usai operasi, ia malah tertawa cekikikan sambil berkata,"Saya tak bisa merasakan lidah saya".

Mati rasa itu berlanjut hingga anastesi habis. Setelahnya, ia merasakan kesakitan ketika mengonsumsi apapun, selain cairan.

Sementara Beltran yang beratnya 169 kg mengaku jahit lidah membuatnya bisa menahan keinginan makanan cepat saji. Usai berat badannya turun, patch itu pun dilepaskan dari lidah kedua wanita tersebut.

Menurut sebuah studi yang disampaikan oleh putra Dr Chugay dan mitranya Paul, pasien kehilangan berat rata-rata 8 kg dalam 30 hari, dan berat badannya bertahan selama delapan bulan.

Namun, American Academy of Cosmetic Surgery belum mempublikasikan penelitian datanya belum lengkap.

Dr Chugay menegaskan, selama ini dia belum pernah bertemu dengan skeptisisme apapun, dan ahli penurunan berat badan Dr Robert Huizenga mengatakan kepada situs berita, ia yakin efektivitas patch, terutama dari waktu ke waktu.

(Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini