Sukses

Trik Atasi Perubahan Mood Saat Menstruasi

Sebelum atau saat menstruasi biasanya mood cepat berubah. Untuk mengatasinya, ada beberapa trik yang diungkapkan dokter seperti berikut

Sebelum atau saat menstruasi biasanya mood cepat berubah. Rasa benci, murung, rewel, mudah marah, dan tiba-tiba menjadi orang-orang yang sopan.

Memang tidak mudah mengatasi perubahan mood ini, tapi Dr Sadhana Kala, seorang konsultan Obstetri dan Ginekologi dari Rumah Sakit Wanita Moolchand di India mengungkapkan lima langkah mudah untuk mengatasi hal tersebut.

1. Diet Sehat

Seperti dilansir Healthmeup, Selasa (13/8/2013), selama periode menstruasi, semestinya wanita harus makan banyak sayuran berdaun hijau, buah-buahan, dan juga meningkatkan asupan air. Selain itu segelas susu panas juga dapat membantu. Hindari makanan pedas dan berminyak karena dapat memperburuk masalah.

2. Hindari kembung dengan berolahraga secara teratur

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berolahraga. Dan untuk mendapatkan delapan jam tidur nyenyak setiap malam, olahraga dapat membantu sebagian besar masalah saat menstruasi.

3. Jaga kebersihan pribadi

Sering-seringlah mengganti pembalut setiap 4-6 jam dan cuci tangan sebelum dan sesudah mengganti pembalut. Jika ada merasa gatal dan bau, segera konsultasikan dengan dokter.

4. Pastikan Miss.V Anda bersih dan kering

Cuci vagina secara rutin dapat membantu menghilangkan bau dan risiko kemungkinan infeksi. Bila mungkin, gunakan larutan pencuci vagina higienis. Hal ini juga sangat penting untuk menjaga diri tetap bersih dan kering, dan jangan lupa untuk mengganti celana dalam dua atau tiga kali sehari.

5. Pakaian yang nyaman

Kenakan pakaian yang nyaman. Hindari pemakaian jeans ketat dan atasan pas saat menstruasi. Ini akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Lakukan terapi warna dengan pakaian cerah agar Anda selalu senang dan positif.

(Fit/Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini