Sukses

7 Cara Sederhana Cegah dan Obati Jerawat

Ada tujuh cara sederhana yang dapat membantu Anda mengatasi masalah jerawat.

Jerawat dirasa cukup mengganggu terutama dalam penampilan. Tidak jarang orang melakukan berbagai cara agar jerawat yang ada di sekitar wajahnya musnah.

Selain menggunakan obat-obatan, tak sedikit pula yang memencet-mencet jerawatnya dan akhirnya terjadi infeksi. Padahal, ada cara sederhana untuk mengobati jerawat. Bahkan untuk mencegah adanya jerawat.

Seperti dilansir Huffingtonpost, Selasa (13/8/2013), ada tujuh cara sederhana yang dapat membantu Anda mengatasi masalah jerawat.

1. Jauhi susu

Perlu diketahui, susu memang asupan makanan yang sempurna. Tapi, ini hanya berlaku jika Anda anak sapi. Karena memang susu tidak diperuntukkan bagi manusia.

2. Makan rendah glikemik, dan diet rendah gula

Hindarilah konsumsi gula, dan semua produk yang dapat menaikkan insulin, yang menyebabkan Anda berjerawat.

3. Makan lebih banyak buah dan sayuran


Orang yang makan lebih banyak sayuran (yang mengandung lebih banyak antioksidan dan senyawa anti inflamasi) kemungkinan memiliki jerawat akan sangat kecil.

Pastikan Anda mengonsumsi 5-9 porsi buah dan sayuran berwarna setiap hari.

4. Dapatkan lemak anti inflamasi yang lebih sehat

Pastikan Anda banyak mendapatkan lemak omega-3 (minyak ikan) dan anti inflamasi lemak omega-6. Anda juga membutuhkan suplemen, untuk mendapatkan jumlah yang cukup suatu saat nanti

5. Konsumsi makanan dan minuman anti jerawat

Makanan dan minuman tertentu telah dikaitkan dapat membantu Anda terhindar dari jerawat. Selain minyak ikan, masih ada kunyit, jahe, teh hiaju, kacang-kacangan, makanan ungu dan merah tua, seperti berries.

Jangan lupa untuk sering mengonsumsi makanan berwarna hijau, seperti sayuran berwarna hijau gelap, dan telur omega-3

6. Konsumsi probiotik

Probiotik juga dapat membantu Anda mengurangi terjadinya peradangan di usus, yang mungkin terkait dengan jerawat.

7. Hindari makanan yang membuat Anda alergi

Makanan seperti gluten, susu, ragi, dan telur, adalah penyebab umum dan dapat menjadi masalah jika usus yang Anda miliki terjadi kebocoran


(Adt/Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jerawat (acne) adalah gangguan pada kulit yang berhubungan dengan produksi minyak (sebum) berlebih.

    Jerawat

Video Terkini