Sukses

Ilmuwan Jepang Ciptakan Sensor yang Bisa Ditanam di Tubuh

Sebuah sirkuit elektrik fleksibel lima kali lebih tebal dari plastik pembungkus makanan suatu hari bakal bisa ditanamkan dalam tubuh

Sebuah sirkuit elektrik fleksibel lima kali lebih tebal dari plastik pembungkus makanan suatu hari baka bisa ditanamkan dalam tubuh orang lumpuh sebagai alat monitor kesehatan.

Para ilmuwan dari Universitas tokyo Jepang menyebutkan, alat itu tertanam dalam plastik film yang tipis dan unik karena dapat bekerja meski tergulung atau tergores.

Sirkuit ini dikatakan dapat digunakan untuk memonitor seluruh data fisik seperti suhu tubuh, tekanan darah, juga denyut listrik dari otot dan jantung.

Untuk mereka yang hanya bisa menggerakkan lidah, lembaran sirkuit ini bisa ditaruh di atas langit-langit mulut dan bisa berfungsi sebagai touch pad.

"Alat ini dapat ditaruh di berbagai tempat dan tak terbatas gerakan yang bisa dilakukan," ujar Profesor Takao Someya, salah satu peneliti yang mempublikasi temuan ini di Jurnal Nature, Rabu (7/8/2013).

Bila kebanyakan alat sensor kesehatan dibuat dari silikon dan material padat yang rigid atau kuat sehingga tidak membuat nyaman si pemakai, alat ini dibuat fleksibel sehingga mengurangi ketidaknyamanan yang kerap dialami pengguna.

Sensor sangat tipis ini dapat memperbaiki hidup mereka yang menggunakan tangan dan kaki palsu. Bisa dipasang di sekitar bagian tangan atau  bagian tubuh lain, alat ini akan merekam sinyal saraf yang muncul dan terkirim dari otak ke otot saat kita bergerak.

(Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini