Sukses

Flu Burung H7N9 Menular Antarmanusia untuk Pertama Kalinya?

Penularan virus flu burung jenis baru kemungkinan besar sudah terjadi antarmanusia. Demikian para ahli meyakininya

Penularan virus flu burung jenis baru kemungkinan besar sudah terjadi antarmanusia untuk pertama kalinya. Demikian para ahli meyakininya seperti dikutip, Dailymail, Rabu (7/8/2013).

Avian flu galur baru jenis H7N9 dinyatakan telah melakukan tranmisi dari ayah ke anak perempuan dari sebuah keluarga di China timur, menurut riset yang dipublikasikan secara online oleh British Medical Journal.

Temuan ini memberi bukti kuat bahwa ada transmisi virus H7N9 antarmanusia, meski terbatas dan tidak berkesinambungan, kata para ahli.

Para ahli termasuk penelit dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Provinsi Jiangsu dan Wuxi Municipal Centre for Disease Control and Prevention, menampilkan bukti munculnya galur di China selatan pada Februari lalu.

Di pengujung bulan juni, 133 kasus telah dilaporkan dengan kematian mencapai 43 orang. Kebanyakan kasus adalah mereka yang pernah mengunjungi pusat penjualan burung dan kebanyakan melakukan kontak dengan ternak hidup selama tujuh hingga sepuluh hari sebelum sakit.

(Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.