Sukses

Ratusan Siswa SD Kirim Kartu Ucapan Idul Fitri untuk SBY

Ratusan siswa SDN Bantarjati 9 Kota Bogor, Jabar mengirimkan kartu ucapan selamat Idul Fitri 1434 Hijriah kepada Presiden SBY dan menteri

Ratusan siswa Sekolah Dasar Negeri Bantarjati 9 Kota Bogor, Jawa Barat mengirimkan kartu ucapan selamat Idul Fitri 1434 Hijriah kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono serta sejumlah menteri, pejabat dan tokoh lainnya.

Ratusan kartu lebaran yang terbuat dari bahan kardus dan karton bekas milik siswa SDN Bantarjati 9 Kota Bogor itu dikirimkan melalui PT Pos Indonesia cabang Bogor.

"Kartu lebaran ini dibuat dan didesain sendiri oleh para siswa. Untuk bisa mengirimkan kartu lebaran ini siswa yang juga menyisihkan uang jajannya senilai Rp2.000 untuk membeli prangko," kata Kepala Sekolah SDN Bantarjati 9 Bogor, Yayah Komariah seperti dikutip dari Antara, Selasa (6/8/2013).

Menurut Yayah kegiatan mengirim kartu lebaran oleh siswa SDN Bantarjati 9 Kota Bogo rutin dilakukan setiap tahunnya.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari pembelajaran memberikan rasa hormat anak kepada orang yang lebih tua," kata Yayah.

Lebih lanjut Yayah menjelaskan, kartu lebaran SDN Bantarjati 9 ini terbuat dari bahan baku kardus dan karton bekas.

Yayah menilai, kegiatan pengiriman kartu lebaran tersebut mendapat perhatian serius para siswa, ini terlihat antusias siswa pada tahun mengikuti kegiatan tersebut.
    
"Siswa sangat senang bisa berkirim kartu Lebaran, terlebih lagi, kartu lebaran siswa mendapat balasan. Para siswa sangat senang menerima balasan ucapan lebaran dari pejabat," katanya.
    
Yayah menambahkan, kegiatan pengiriman kartu Lebaran kepada para pejabat atau tokoh merupakan praktek dari mata pelajaran diajarkan di Sekolah.  
    
Ada tiga mata pelajaran yang diterapkan dalam praktek pengiriman kartu lebaran tersebut yakni kesenian kreatifitas pembuatan kartu lebaran yang terbuat dari bahan bekas merupakan praktek Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH).
    
Pelajaran kedua yakni mengenai pembelian prangko merupakan salah satu dari bagian mata pelajaran IPS.
    
"Dan pelajaran ketiga pengirimam kartu lebaran merupakan pelajaran agama yakni ucapan Idul Fitri, mohon maaf lahir bathin adalah tanda hormat kepada orang tua," ujarnya.
    
Sejumlah pejabat yang dikirimkan kartu ucapan selamat Lebaran oleh ratusan siswa SDN diantaranya Presiden, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Lingkungan Hidup, Gubernur Jawa Barat, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bogor.
   
Tidak ketinggalan para siswa juga mengirimkan kartu Lebaran untuk ketua RT dan RW di sekitar lingkungan sekolah, termasuk untuk kepala sekolah.
    
"Saya kirim kartu Lebaran untuk Presiden, Gubernur, Wali Kota, Wakil Wali Kota, Ibu Kepala Dinas Pendidikan," kata Nazwa Azzura, salah satu siswa SDN Bantarjati 9.

(Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.