Sukses

Vodka Campur Minuman Soda, Berbahayakah?

Sebenarnya, jika dilihat dari kadar alkohol yang ada, campuran keduanya tidak memiliki efek mematikan.

Banyak korban berjatuhan akibat mengonsumsi minuman keras oplosan, yang mencampurkan minuman beralkohol dan minuman bersoda. Sebenarnya, jika dilihat dari kadar alkohol yang ada, campuran keduanya tidak memiliki efek mematikan.

Beberapa minuman yang sering dioplos itu antara lain Vodka campur minuman soda, bir pletok campur minuman soda, dan lainnya lagi.

Lantas, apa yang menyebabkan seseorang tewas habis mengonsumsi minuman oplosan tersebut?

Staf Divisi Gastroenterologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSUPNCM, dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, menuturkan dosis alkohol yang dimiliki oleh vodka tak lebih dari 50 persen, yang hanya berkisar 42 persen. Bila ditambah minuman bersoda yang memiliki unsur natrium karbonara, seharusnya tidak memiliki efek mematikan.

"Artinya, kemungkinan yang mengonsumsinya dalam jumlah yang sangat tinggi, dan kondisinya saat mengonsumsi itu sedang drop. Itulah yang menyebabkan orang tersebut meninggal, setelah mengonsumsi minuman oplosan tersebut," ujar dr. Ari, saat diwawancarai Liputan6.com, Selasa (6/8/2013).

Orang yang minum oplosan kebanyakan tewas karena ada unsur lain yang dilakukan. Misalnya minum oplosan dicampur obat penenang yang langsung menekan saraf dan kondisi yang bersangkutan fisiknya sedang drop.

"Pasien yang tidak sadarkan diri, lalu dirinya muntah tersedak. Inilah penyebab lain yang membuatnya meninggal. Muntah yang tersedak itu sebenarnya yang jadi penyebabnya," tambahnya.

Ternyata, kondisi si peminum sebelum memutuskan untuk mengonsumsi itu pun memiliki andil terbesar, yang membuatnya akhirnya meninggal setelah mengonsumsi minuman oplosan itu. "Dalam keadaan tidak tidur, konsumsi itu bisa saja terjadinya efek samping," jelas Ari.

Bisa saja, si korban tidak hanya mencampurkan dua jenis minuman tersebut, melainkan ia ikut mencampurkan obat-obat penenang, yang menyebabkan adanya efek samping berbahaya dalam minuman itu.

"Kalau sudah dihajar dengan produk tersebut, ya sudah, efek sampingnya itu mematikan," terang staf pengajar di FKUI ini.

Kalau sudah minum oplosan ditambah obat penenang memang nyawa bisa jadi taruhannya.

(Adt/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini