Sukses

Mahasiswa UNY Manfaatkan Cangkang Kerang untuk Sandal Kesehatan

Kreativitas mahasiswa Universitas Neger Yogyakarta patut diacungi jempol. Mereka berhasil manfaatkan cangkang kerang untuk sandal kesehatan

Salah satu jenis hewan laut yang paling diminati manusia adalah kerang. Sampahnya sulit didaur ulang, namun banyak yang kreatif menggunakan cangkang untuk kerajinan tangan dibuat hiasan rumah tangga.

Demi memanfaatkan cangkang itu pula, mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta yaitu Sari Aminawati dan Cipto Sabdo Prabowo dari Pendidikan Teknik Elektronika FT UNY dan Ahmad Arifudin Fauzidari Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi FIK UNY membuat sandal kesehatan.

Sandal kesehatan yang memanfaatkan limbah cangkang kerang tersebut diberi nama sandal kesehatan “Kabibi” yang diambil dari bahasa Filipina berarti kulit kerang. Sari Aminawati mengatakan bahwa pemilihan  usaha ini karena melihat peluang yang sangat bagus, di mana usaha sandal kerang ini belum ada yang menggeluti sehingga sandal kesahatan kabibi ini merupakan inovasi baru.
 
“Selain peluang yang bagus, potensi pemanfaatan limbah cangkang kerang juga tinggi, karena kerang terus berkembang biak setiap musim, pencarian bahan baku cangkang kerang pun tidak mengalami kesulitan.” ujar Sari Aminawati, seperti dikutip dari uny.ac.id, Senin 95/8/2013).

Cipto Sabdo Prabowo, rekan Sari menyebutkan, karakteristik sandal kesehatan “Kabibi” ini adalah pelapisan karet pada limbah cangkang kerang yang dijadikan pijakan.

“Peletakan cangkang kerang yang dipasangkan pada sandal kesehatan kabibi disesuaikan dengan posisi titik-titik syarat refleksi yang terdapat di telapak kaki, sehingga pengguna akan merasa nyaman dalam menggunakan sandal ini.” kata Cipto.

Terkait dengan kualitas barang, tak perlu diragukan lagi karena sandal ini dibuat menggunakan bahan-bahan pilihan sehingga kualitas menjadi prioritas utama.
 
Bahan melimpah

Berkat melimpahnya cangkang kerang yang tidak dipergunakan maka produksi sandal kesahatan kabibi ini dapat dibuat dalam skala besar. Ahmad Arifudin Fauzi menambahkan bahwa manfaat sandal kesahatan kabibi adalah memperlancar peredaran darah sehingga tubuh menjadi lebih rileks, memperlancar kerja jantung, ginjal, serta dapat mengobati jenis penyakit seperti migrain, susah tidur, dan pegal-pegal.
 
Ada enam tahap dalam pembuatan sandal kesehatan ini. Tahap pertama pencucian kerang menggunakan air bersih untuk membersihkan kotoran yang masih menempel pada cangkang kerang. Kemudian kerang direbus menggunakan air mendidih untuk membersihkan dan mensterilkan cangkang kerang.

Setelah proses perebusan kemudian cangkang kerang dikeringkan dengan cara dijemur di bawah sinar matahari selama 6 jam. Waktu yang tidak terlalu panjang ini diperhitungakan karena melihat karakteristik cangkang kerang yang mudah kering. Setelah cangkang kering, tahap selanjutnya yaitu pemotongan dan pengeboran cangkang kerang.
 
Pemotongan dan pengeboran ini dilakukan sesuai desain awal yang diinginkan sehingga bentuknya nanti bisa bervariatif. Setelah selesai lalu dirapikan dengan amplas atau alat lain. Tahap selanjutnya yaitu pemasangan kerang pada spons sandal.

Pada proses ini dibutuhkan ketelitian dan ketepatan posisi kerang pada sandal. Posisi yang diinginkan sesuai dengan titik-titik refleksi saraf yang terdapat pada telapak kaki. Hal ini perlu diperhatikan karena ketepatan pada titik syaraf yang terdapat pada telapak kaki sangat penting.

Selanjutnya yaitu pelapisan bagian atas cangkang kerang untuk mengurangi rasa sakit pada telapak kaki saat menginjak cangkang kerang. Dalam pelapisan ini menggunakan bahan sintetis.
 
Pada tahap terakhir pembuatan sandal kesehatan kabibi yaitu finishing. Pada tahap terakhir ini dilakukan pemberian asesoris ataupun pengecatan, sehingga dapat mempercantik sandal guna menarik konsumen untuk memilikinya.

"Konsumen tak perlu khawatir karena sandal yang kami produksi ini sudah dikonsultasikan kepada dokter syaraf dan juga telah diuji tekanan di laboratorium uji bahan Jurusan Sipil FT UNY,” kata Ahmad Arifudin Fauzi. ”Berdasarkan data yang kami peroleh pada uji tekan, rata-rata tekanan maksimal yang dapat ditahan oleh cangkang kerang adalah 137,5 kg."

(Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini