Sukses

Dengan Meludah, Kanker, Diabetes dan Jantung Bisa Terdeteksi

Penelitian dari Swedia akan mengembangkan tes air liur untuk mendiagnosis penyakit kanker, diabetes dan jantung secara akurat dan cepat.

Penelitian dari Swedia akan mengembangkan tes air liur untuk mendiagnosis penyakit kanker, diabetes dan jantung secara akurat dan cepat.

Hal ini diungkapkan para peneliti dari Malmo University, Swedia. Para peneliti mengatakan bahwa tes air liur dapat membantu menghemat waktu dan uang bagi pasien dan dokter, karena berarti akan lebih banyak orang yang bisa mengakses pemeriksaan kesehatan awal dengan mengirimkan sampel ludahnya.

Pemimpin penelitian Profesor Bjorn Klinge mengatakan, tes ini sangat membantu karena pasien tinggal menyeka bagian dalam mulut dengan cotton bud dan mengirimkannya ke analisis. Jika tes menunjukkan tanda-tanda penyakit, pasien akan dipanggil ke dokter," kata Bjorn.

"Kami tertarik dengan kesehatan masyarakat dan tindakan pencegahannya. Sehingga kami harap semua orang dapat melakukan diagnosis awal tanpa memandang status sosial ekonominya," ujar Bjorn, Seperti dilansir Dailymail, Sabtu (3/8/2013).

Diagnosis ini dikatakan Bjorn dilakukan menggunakan alat khusus yang masih dalam pengembangan. Untuk membedakan penyakit satu dengan yang lain, alat ini akan memberikan tanda peradangan pada sampel air liur.

Bjorn berharap, dengan adanya sistem diagnosis ini, semua pasien berisiko tinggi dapat dipantau kesehatannya.

(Fit/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.