Sukses

3 Kasus Baru Infeksi Virus Korona di Arab

Tiga wanita telah terjangkit virus mematikan MERS di Arab Saudi, wilayah paling terpukul akibat penyakit misterius itu, kata WHO

Tiga wanita terjangkit virus mematikan MERS di Arab Saudi, wilayah paling terpukul akibat penyakit misterius itu, kata Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).
    
Salah satu pasien, seorang wanita 6 tahun dari Riyadh dengan kondisi medis gawat. Sayang, tak diketahui apakah korban melakukan kontak dengan hewan atau penderita virus lainnya.
    
Dua pasien lain yang didiagnosis terinfeksi "Sindrom Pernapasan Timur Tengah" ini merupakan petugas kesehatan yang telah tertular pasien Mers lainnya.
    
Menurut WHO, 46 dari 94 orang dikonfirmasi yang terinfeksi telah meninggal karena MERS sejak September 2012.
    
Kekhawatiran tentang virus telah menyebabkan Arab Saudi  membatasi visa ibadah haji pada  Oktober, tempat jutaan umat Islam berduyun-duyun berziarah ke tempat suci Mekah dan Madinah.
    
Para ahli berjuang memahami penyakit MERS ini. Mereka masih kekurangan vaksin serta memiliki tingkat kematian yang sangat tinggi lebih dari 51 persen.
    
Hal ini dianggap sepupu dari virus SARS yang meletus di Asia pada tahun 2003 yang menginfeksi 8.273 orang, sembilan persen di antaranya meninggal.
    
Seperti SARS, MERS  diduga melompat dari hewan ke manusia, dan memperlihatkan gejala seperti flu, tetapi berbeda karena bisa menyebabkan gagal ginjal.
    
(Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.