Sukses

Kalau Sadar Hal Ini, Wanita Bisa Cegah Kanker Payudara, Lho!

Dr Kristen Atkins mengatakan bahwa wanita yang memiliki kelainan tertentu jaringan payudara, ini yang meningkatkan risiko kanker.

Dalam upaya untuk menemukan penyebab kanker payudara secara pasti, profesor patologi di University of Virginia, Charlottesville,  Dr Kristen Atkins mengatakan bahwa wanita yang memiliki kelainan tertentu di jaringan payudara, ini yang meningkatkan risiko kanker.

Studi ini menurut Atkins, difokuskan setelah sebelumnya ada penelitian mengenai dua kondisi payudara yaitu atipikal lobular hiperplasia (ALH) dan lobular carcinoma in situ (LCIS).  Kedua kondisi ini menunjukkan besarnya risiko terkena kanker payudara.

Tapi seperti dikutip dari Everydayhealth, Rabu (31/7/2013), saat ini peneliti masih terus mengamati untuk mengetahui cara mencegah kanker payudara. Walaupun hingga sejauh ini cara paling efektif mungkin masih memeriksakan diri setiap enam bulan sekali, atau mammogram tahunan dengan MRI tambahan atau USG.

Atkins mengatakan jika para wanita melakukannya, maka risikonya akan kecil. Bahkan risiko penderita menjadi 1 persen per tahun untuk kemungkinan terkena karsinoma duktal non-invasif (kanker payudara invasif yang disebabkan oleh penyebaran sel kanker dari saluran air susu ke jaringan payudara dan kelenjar getah bening).

(Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.