Sukses

Bayi `Raksasa` Seberat 6,1 Kg Lahir di Jerman

Bayi dengan berat badan 6,1 kg dan panjang 57 cm telah lahir secara normal di University Hospital di Leipzig, Jerman, pada 26 Juli 2013

Bayi dengan berat badan 6,1 kg dan panjang 57 cm telah lahir secara normal di University Hospital di Leipzig, Jerman, pada 26 Juli 2013. Bayi tersebut bernama Jasleen, dan membuatnya menjadi bayi terbesar alias 'raksasa' yang pernah ada di negara itu.

Stephen Lyttle, yang lahir dengan berat sebesar 7,3 kg di Rumah Sakit Kempsey pada 26 Januari 1963, adalah bayi terberat yang ada di Australia. Menurut Biro Statistik Australia, rata-rata bayi di Australia adalah 3,37 kg.

Ibunda Jasleen, mengatakan, pada saat mengandung anaknya tersebut, ia didiagnosa mengidap diabetes gestasional, suatu kondisi yang biasanya terjadi pada ibu hamil di minggu ke-24 usia kehamilannya. Karena mengidap ini, dapat menyebabkan seorang bayi yang baru lahir, akan berukuran lebih besar dari ukuran normalnya.

Seperti dilansir News, Selasa (30/7/2013), dokter mengatakan, setelah Jasleen lahir, dirinya langsung mendapatkan perawatan neonatal di rumah sakit tersebut.

Tapi, meski Jasleen merupakan bayi terbesar yang ada di Jerman, dirinya tidak dapat menggeser posisi bayi Anna Bate, asal Kanada, dengan berat 7,5 kg, pada tahun 1879.

Pasalnya, The Guinness Book of World Records masih mencatat Anna Bate menjadi bayi terbesar di dunia, meskipun bayi tersebut sudah meninggal dunia.

(Adt/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.