Sukses

`Mencari Tempat Berlindung`, Alasan PSK di Bawah Umur

Alasan anak-anak tersebut menjadi PSK yaitu mencari tempat berlindung karena tidak merasa aman dan nyaman di keluarga atau lingkungannya.

Assisten Direktur FBI, Ronald Hosko mengatakan FBI telah berhasil menyelamatkan 105 korban perdagangan anak untuk seks seperti dikutip dari Huffingtonpost, Rabu (31/7/2013).

Alasan anak-anak tersebut menjadi PSK adalah mencari tempat berlindung karena tidak merasa aman dan nyaman di keluarga atau lingkungannya.

"Sering kali anak-anak yang diambil dalam jenis kegiatan kriminal adalah anak-anak yang tidak bahagia, mereka berasal dari keluarga berantakan, dan berada di jalan sendiri," kata FBI Pjs Executive Assistant Director, Kevin Perkins.

Salah satu korban, Alex mengaku menjadi PSK ketika usia 16 tahun karena dirinya merasa tidak memiliki pilihan lain untuk memenuhi kebutuhan misalnya makan dan pakaian serta tempat berlindung.

"Pada awalnya itu menakutkan," kata Alex, "namun kemudian Anda akan menjadi mati rasa untuk itu. Anda harus bisa mengubah sikap menghadapi orang yang berbeda. Bahkan demi pelanggan, aku harus menjadi orang lain."

Saat penggrebekan, ditangkap juga 150 germo. Operasi Cross Country adalah bagian dari Innocence Lost Nasional Initiative. Ini merupakan program bersama FBI, Departemen Kehakiman dan Pusat Nasional untuk mengatasi Anak Hilang dan tereksploitasi.

Tujuan program ini untuk memerangi perdagangan seks anak di Amerika Serikat. Sejak tahun 2003,  Lost National Initiative telah terjaring menyelamatkan lebih dari 2.700 anak.

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.