Sukses

Nostalgia Lewat Facebook Bikin Mental Kita Sehat

Tak hanya itu saja, Facebook ternyata juga dapat mempengaruhi kesehatan mental dari para penggunanya.

Saat ini, ada banyak sekali jenis jejaring sosial yang tersedia di dunia maya, salah satunya Facebook. Melalui situs tersebut, kita bisa mendapatkan teman baru atau bahkan bertemu dengan kerabat lama. Tak hanya itu saja, Facebook ternyata juga dapat mempengaruhi kesehatan mental dari para penggunanya.

Sebuah penelitian terbaru dari University of Portsmouth telah melakukan sebuah survei yang lebih menyoroti tentang penggunaan Facebook ketika seseorang merasa sedih. Hasil yang didapatkan adalah sekitar 90 persen dari mereka akan menggunakan situs ini untuk melihat postingan tulisan yang ada pada dinding Facebooknya.

Sedangkan, sisanya akan menggunakan Facebook untuk melihat koleksi foto-foto lama mereka. Dengan melakukan hal itu, mereka merasa lebih nyaman.

"Ketika seseorang menggunakan Facebook, mereka merasa lebih tenang dan hal itu memberikan efek yang positif pada suasana hati mereka," terang Dr Alice Good, seperti dilansir Female First, Senin (29/7/2013).

Ia melanjutkan bahwa ketenangan diri dapat mengubah suasana hati. Hal itu bisa menjadi bentuk pengobatan alami ketika seseorang merasa sedih. Selain itu, ia juga mengatakan bahwa orang yang memiliki masalah pada kesehatan mental biasanya akan terhibur ketika menggunakan situs jejaring sosial.

Dr Good menyimpulkan bahwa Facebook dapat menjadi metode yang efektif untuk mengobati kesehatan mental. Tanpa disadari, para penggunanya akan mengalami terapi kenangan ketika mereka bernostalgia dengan hal-hal yang ada di Facebook mereka.
 
"Kami sangat terkejut dengan temuan ini. Namun, kita akan melakukan penelitian yang lebih besar untuk melihat apakah hasilnya tetap konsisten," lanjutnya.

(Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini