Sukses

Demam berdarah di Sejumlah Daerah di Indonesia Masih tinggi

Selama Januari hingga Juni 2013, kasus DBD dilaporkan sebanyak 48.905 penderita, dan 376 diantaranya meninggal dunia.

Tingginya kasus demam berdarah dengue (DBD) kian tinggi selama enam bulan terakhir. Terbukti selama Januari hingga Juni 2013, kasus DBD dilaporkan sebanyak 48.905 penderita, dan 376 diantaranya meninggal dunia.

Jumlah tersebut tersebar di 278 kabupaten. Dan Menurut Direktur Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang Dr. Andi Muhadir MPH di beberapa propinsi seperti Lampung, Sulawesi Selatan, Kalimantan Tengah dan Papua melaporkan DBD sebagai KLB (kejadian luar Biasa).

"Pada musim hujan dan pancaroba, pencegahan demam berdarah efektif sampai saat ini masih PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) dengan teknik dasar 3M plus. Karena hingga saat ini masuh belum ada obat dan vaksin untuk mencegah DBD," jelas Andi di kantor Kementrian Kesehatan, Jakarta, Jumat (26/7/2013).

3M Plus yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Menguras

Membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan sebagainya.

2. Menutup

Memberi tutup rapat-rapat tempat penampungan air seperti toren air, drum, dan sebaginya.

3. Mengubur

Memanfaatkan atau mendaur ulang barang bekas juga memiliki potensi untuk menjadi sarang nyamuk bertelur.

Plus sendiri merupakan segala bentuk kegiatan pencegahan seperti memberi bubuk larvasida pada tempat air yang sulit dibersihkan, menggunakan obat nyamuk, menggunakan kelambu saat tidur, memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk, menanam tanaman pengusir nyamuk, mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah, dan tidak menggantung pakaian di dalam rumah.

(Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Demam berdarah dengue atau disingkat DBD, atau disebut juga demam dengue/demam berdarah, adalah infeksi yang disebabkan oleh virus dengue.

    DBD

  • demam berdarah