Sukses

Calon Haji Waspadai Virus Corona, Siapkan Diri!

Jelang musim haji 2013, jemaah haji Indonesia diharapkan waspada akan penyebaran virus corona, virus yang mudah menyebar melalui udara.

Dirjen Haji Kementrian Agam telah berkoordinasi dengan Kementrian Kesehatan untuk mengedukasi calon jemaah haji terkait bahaya virus ini.

Sekitar satu bulan setelah lebaran nanti musim haji akan dimulai. Ada sekitar 160 ribu calon haji Indonesia yang akan berangkat dan bergabung dengan jutaan umat muslim lainnya di tanah suci.

Tidak hanya harus siap fisik dan mental, calon jemaah haji juga harus waspada dengan kondisi keehatan terutama setelah adanya temuan virus mematikan, virus corona.

Virus dengan nama lengkap Novel Coronavirus - Ncov gejalanya bisa berupa flu biasa hingga infeksi saluran pernapasan bawah atau radang paru.

Virus ini termasuk baru dan hingga kini belum ditemukan vaksin untuk mencegahnya. Namun, virus ini cepat menghilang di udara.

Sudah 38 orang warga Arab saudi meninggal akibat virus ini dengan gejala awal flu, batuk, bersin.

Terkait hal ini, Dirjen Haji telah melakukan koordinasi dengan Kementrian Kesehatan. Dirjen Haji juga memastkan tidak ada pengurangan atau pembatalan jemaah terkait hal ini.

Untuk menccegah penyebaran virus ini, jemaah haji bisa menggunakan masker, kondisi tubuh harus selalu bersih. Mengonsumsi makanan dapat menjaga daya tahan tubuh dan jika diperlukan bisa menyuntikkan vaksin influenza.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini