Sukses

Enggak Usah Berolahraga, Bermain Sajalah!

Tak sedikit orang yang malas berolahraga. Agar mau bergerak, ubahlah persepsi olahraga agar orang mau melakukannya.

Ketika mendengar kata olahraga, orang akan menganggapnya sebagai gabungan dari 80 persen kesengsaraan ditambah 20 persen kenikmatan. Untuk itu, ubahlah persepsi dari olahraga agar banyak orang mau melakukannya.

"Orang mau sehat, tapi tidak mau olahraga, ya percuma. Ya, itu semua karena persepsi yang salah," kata  praktisi kesehatan, Dr. Phaidon L Toruan, MM, di Jakarta, yang ditulis Jumat (26/7/2013)

Phaidon mengatakan, mengubah persepsi yang dimaksud adalah mengganti kata olahraga yang membuat pria dan wanita yang paling enggan berolahraga menjadi semangat melakukannya.

"Pria diajak olahraga nggak mau, diajak main mau. Nah, ajak mereka untuk main sepakbola misalnya, atau main basket. Kegiatan itu akan membuatnya berkeringat, bukan? Ubah seperti itu," tambah Phaidon.

Untuk wanita, yang biasa dilakukan ke para pasiennya adalah menawarkannya untuk treatment. "Wanita dengar kata itu semangat. Pas ditanya ke saya treatment seperti apa yang akan dilakukan, saya jawabnya bergerak," ujarnya.

"Saya suruh mereka, ambil sepatu, maka jalanlah. Mudah, 'kan? Jalan saja kok," imbuhnya. Persepsi seperti itulah yang kerap dilakukan ke Phaidon. Dan memang, itu biasanya terbukti ampuh.

(Adt/Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.