Sukses

Idealnya Anak Usia 3 Tahun ke Atas Sudah Boleh Berpuasa

Tak sedikit orangtua yang bertanya-tanya, kapan sebenarnya waktu yang pas untuk mengajarkan anak-anaknya berpuasa

Tak sedikit orangtua yang bertanya-tanya, kapan sebenarnya waktu yang pas untuk mengajarkan anak-anaknya yang masih relatif muda untuk berpuasa. Idealnya, anak usia 3 tahun ke atas sudah boleh diajarkan untuk berpuasa.

"Sebenarnya untuk anak-anak sendiri tidak ada patokan usia. Setelah usia 3 tahun, dirasa pas untuknya diajarkan berpuasa," ujar Dokter Bagian Ilmu Kesehatan Anak (Pediatrician) MRCCC Siloam Hospital, di RS Siloam, Semanggi, Jakarta, yang ditulis Kamis (25/7/2013)

Agar seorang anak yang masih relatif belia itu kuat dalam menjalani puasanya, sebagai orangtua, wajib memperkenalkan anak dengan memberikan contoh-contoh serta pemahaman dari puasa itu sendiri.

"Berilah pemahaman sederhana kepada anak, apa sebenarnya puasa itu? Dan kenapa sebagai umat muslim kita harus berpuasa," tambahnya.

Tapi, haruslah diingat, Anda sebagai orangtua tidak boleh memaksanya untuk dapat menjalani puasa seperti orang dewasa. Apabila di jam-jam tertentu seorang Anak sudah merasa lapar, jangan pernah menahannya untuk lebih kuat lagi.

"Pertama-tama, biarkan dia menjalaninya sampai jam 10 dulu, sehabis itu lanjut lagi. Keesokan harinya, tambah waktunya, jadi sampai jam 12 siang. Begitu seterusnya. Tapi, kalau anak tidak kuat, sudah jangan dipaksa," terangnya.

Yang terpenting adalah, orangtua wajib mengenalkan puasa itu sebagai ritual dan ibadah yang pas sedini mungkin.

(Adt/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.