Sukses

Dr Setchell & Farthing, Dokter Kerajaan yang Bantu Kate Middleton

Dr Marcus Setchell (69) dan Dr Alan Farthing (50) merupakan dokter kerajaan yang membantu kelahiran anak dari William dan Kate.

Dokter yang bertugas membantu proses kelahiran putra pertama Pangeran William dan Kate Middleton tentu dokter kerajaan. Dr Marcus Setchell (69) yang memimpin tim persalinan Kate serta merupakan dokter bedah ginekolog Ratu Elizabeth.

Dia dibantu Dr Alan Farthing (50), seorang ahli bedah dan dokter kandungan untuk keluarga kerajaan sejak 2008.

Setchell juga dokter yang menangani Kate sewaktu melawan morning sickness akutnya pada Desember 2012. Bertahun-tahun sebelumnya, ia juga memberikan perawatan yang menyelamatkan nyawa, Sophie, Countess of Wessex pada 2003 yang melahirkan berisiko tinggi putri Lady Louise Mountbatten-Windsor.

Lady Louise lahir prematur pada usia kehamilan delapan bulan dengan operasi caesar darurat. Countess of Wessex kehilangan banyak darah setelah plasentanya pecah sehingga mengharuskan persalinan lebih awal.

Louise sekarang berusia 9 tahun sudah memiliki adik James yang berusia 4 tahun yang persalinannya juga dibantu Setchell.

Dokter itu yang juga melakukan histerektomi Duchess of Cornwall pada tahun 2007.

Pada tahun 2004, Ratu menunjuk Setchell sebagai Commander of the Royal Victorian Order, sebuah kehormatan khusus untuk jasanya.

Dia akan pensiun ketika keluarga kerajaan memintanya membantu kelahiran Kate pada tahun lalu.

"Marcus mengatakan ia akan pensiun setelah bayi lahir, tapi karena ia tahu mereka merencanakan memiliki lebih banyak anak, ia mungkin memerlukan waktu untuk pensiun agar mewujudkan hal tersebut," kata seorang sumber Mirror seperti dikutip dari Dailynews, Selasa (23/7/2013).

Sementara Farthing merupakan dokter yang berpraktik di rumah sakit Inggris selama 26 tahun itu menjadi Ginekolog keluarga kerajaan sejak 2008. Selain berpraktik di rumah sakit swasta di London, dia juga bekerja di Queen Charlotte's Hospital dan St. Mary Hospital tempat Kate melahirkan.

Dia merupakan ahli dalam operasi laproskopis, kesuburan, dan pengobatan endometriosis serta kanker ginekologi.

"Ini jelas ia memiliki prestasi yang hebat untuk membantu kelahiran bayi tapi Alan sangat sederhana," kata seorang teman Farthing kepada TheSun.

"Dia bekerja sangat serius seperti yang Anda harapkan, dia tidak pernah membocorkan rahasia apapun yang berhubungan dengan pekerjaannya, bahkan ke keluarganya," ujar sumber itu.

Farthing menjadi berita utama pada 1999 ketika tunangannya Jill Dando dibunuh. Anchor BBC News itu ditembak mati di Fulham, London Barat, di depan pintu dalam kasus yang belum terpecahkan.

Sejak menikah dengan dokter Janet Stowell, Farthing memiliki seorang anak kecil.

(Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini