Sukses

Tak Ada 100 Juta Penduduk Indonesia Bisa Punya Toilet Sehat

Sanitasi dan toilet terkadang tidak terlau dipedulikan kebersihan dan kesehatannya. Tanpa disadari keduanya menjadi kebutuhan utama yang mem

Sanitasi dan toilet terkadang tidak terlau dipedulikan kebersihan dan kesehatannya. Tanpa disadari keduanya menjadi kebutuhan utama yang membawa pengaruh besar bagi masyarakat."Sanitasi dan air minum di Indonesia masih menjadi tantangan yang besar, karena data BPS memperlihatkan kurang dari 100 juta penduduk masih belum memiliki akses sanitasi yang baik, "ujar Ketua Umum Asosiasi Toilet Indonesia (ATI), Naning Adiwoso Senin (22/7/2013) di Hotel Sultan, Jakarta.Kementrian Pekerjaan Umum Republik Indonesia, Djoko Mursito juga mengatakan hal yang sama. "Tahun 2013 sanitasi yang baik di Indonesia baru mencapai 56.2 persen dan target 2015 sebanyak 62,4 persen," kata Djoko Mursito.Risiko terkena berbagai penyakit merupakan dampak yang ditimbulkan dari sanitasi yang tidak sehat. "Oleh karena masalah tersebut kami selalu mengampanyekan sanitasi sehat untuk semua, baik di lingkungan domestik ataupun komersial," papar Naning.Sanitasi dan toliet di tempat umum diharapkan Naning dapat memenuhi standar sanitasi yang baik. "Toilet-toilet umum di bandara, pusat perbelanjan, SPBU dan tempat umum lainnya jika memenuhi sanitasi yang baik maka dampak positifnya sangat besar," tambahnya. (Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.