Sukses

Honda Ciptakan Alat Bantu Berjalan

Tak hanya mobil dan motor diproduksi oleh Honda. Alat bantu jalan elektrik pun dibuatnya

Ketika Anda mendengar istilah 'Honda' apa yang ada di benak Anda? Pasti pikiran Anda langsung mengarah ke motor dan mobil. Ya, memang Honda adalah perusahaan yang memproduksi kendaraan bermotor. Namun, ternyata, perusahaan yang berbasis di Tokyo ini telah melebarkan sayap dengan memproduksi alat yang bermanfaat bagi dunia kesehatan.

Seperti dilansir Mashable, Jumat (19/7/2013), Honda telah memproduksi alat yang dinamakan Walking Assist Device. Alat initelah diproduksi sejak tahun 1999 dan telah mengalami perkembangan. Alat ini memang ditujukan untuk membantu Anda berjalan dengan baik. Perangkat pada alat ini dioperasikan dengan "teknologi kontrol koperatif".

Tak hanya itu, alat ini juga dilengkapi dengan sensor yang terletak di sudut panggul. Sensor ini dapat mendeteksi gerakan kaki sekaligus meningkatkan koordinasi kaki, baik ketika Anda mengangkat ataupun memindahkan kaki. Sehingga, ketika Anda menggunakan alat ini, Anda dapat berjalan seperti orang pada umumnya.
 
Alat yang memiliki berat sekitar 2,6 kg ini juga telah diuji di tujuh rumah sakit di Jepang dan mendapatkan respon yang luar biasa. Karena itu, Honda telah menyewakan alat ini sebanyak 100 unit di seluruh negara. Selain itu, Honda juga akan menggunakan alat ini dalam pelatihan rehabilitasi dan terapi fisik di rumah sakit di Jepang.

Sayangnya, Anda tidak dapat menggunakan alat ini sepanjang hari. Honda menyatakan bahwa alat ini dapat digunakan sekitar satu jam off-charge. Selain itu, meskipun dapat digunakan pada permukaan datar, baik indoor maupun outdoor, alat ini tidak dapat berfungsi ketika hujan.


(Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini