Sukses

Ada Tanda Hitam di Kulit si Kecil? Waspadai Diabetes!

Perhatikan tengkuk, ketiak dan tangan anak bila ada tanda berupa kehitaman pada kulit, waspada mungkin itu Acanthosis Nigricans.

Perhatikan tengkuk, ketiak dan tangan anak bila ada tanda berupa kehitaman pada kulit, waspada mungkin itu Acanthosis Nigricans. Suatu penanda anak mengalami insulin resistance, biasanya menyerang anak yang obesitas.

"Anak yang obesitas memiliki kecenderungan mengalami resistensi insulin yang mengarah pada diabetes," ujar Ketua 2 Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Dr. Aman B. Pulungan, SpA(K) seperti ditulis Jumat (19/7/2013).

Ketika dijumpai tanda yang mencurigai pada anak menurut Dr. Aman B. Pulungan, SpA(K) sebaiknya dilakukan skrining sindrom metabolik dan diabets pada anak dan remaja.

"Skrining sangat membantu mendiagnosisi dan tatalaksana dini mencegah penyakit diabetes," ujarnya.

Tes skrining bervariasi sesuai dengan keadaan, dan mungkin menjadi glukosa tes darah acak, tes darah glukosa puasa, glukosa tes darah dua jam setelah 75 g glukosa, atau tes toleransi glukosa bahkan lebih formal. B

Skrining (screening) adalah deteksi dini dari suatu penyakit atau usaha untuk mengidentifikasi penyakit secara klinis dengan menggunakan tes, pemeriksaan atau prosedur tertentu.

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini