Sukses

Nelson Mandela Tersenyum Saat Dapat Ucapan Selamat Ulang Tahun

Nelson Mandela tersenyum ketika Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma mengucapkan selamat ulang tahun.

Ulang tahun Nelson Mandela pada Kamis 18 Juli diperingati di seluruh dunia dan di Afrika Selatan. Saat Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma mengucapkan kata `Selamat Ulang Tahun`, Mandela memberikan senyuman.

Mantan Presiden Afrika Selatan itu menghabiskan hari ulang tahunnya di rumah sakit. Ia sudah dirawat sejak 8 Juni karena infeksi paru-paru.

Zuma sengaja mengunjungi Mandela di rumah sakit saat hari ulang tahunnya. Ia mengatakan, kondisi Mandela ada perkembangan.

"Ketika saya mengunjunginya, saya mengatakan `selamat ulang tahun` dan ia bisa tersenyum," kata Zuma dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari BBC, Jumat (19/7/2013).

"Perjuangan Mandela untuk kebebasan dan keadilan di negara kita dan nilai-nilainya menyerukan keadilan, dunia yang adil dan merata terus menginspirasi dan memotivasi kita," katanya saat mengunjungi delegasi Uni Eropa.

Putri Mandela, Zindzi, mengatakan, ayahnya menunjukkan kemajuan yang luar biasa. Bahkan, Mandela terlihat sedang menonton televisi dengan headphone dan berkomunikasi dengan menggunakan mata dan tangannya.

"Kami berharap ia bisa kembali kerumah secepatnya," ujarnya.

PBB juga mendeklarasikan hari ulang tahun Mandela itu sebagai Nelson Mandela International Day sebagai cara untuk menghormati pemenang Hadiah Nobel.
  • Saat hari ulang tahun itu diisi dengan berbagai kegiatan:
  • Anak sekolah di seluruh Afrika Selatan menyanyikan Happy Birthday untuk mantan presidennya
  • Anggota keluarga Mandela membagi-bagikan hadiah ke warga perkampungan. Mereka menyiapkan 95 cupcakes untuk menghormatinya.
  • Presiden Zuma mengunjungi Mandela di rumah sakit dan mengawasi sumbangan rumah untuk keluarga kulit putih yang miskin di Pretoria
  • Relawan menghabiskan waktu 67 menit untuk merenovasi sekolah dan panti asuhan, membersihkan rumah sakit, membagikan makanan ke orang miskin untuk memperingati mantan negarawan yang 67 tahun mengabdi.
(Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.