Sukses

Inilah Alasan Kenapa Kematian di Usia Muda Makin Banyak

Obesitas pada anak berisiko meningkatkan terjadinya kematian muda atau kematian di bawah usia 55 tahun.

Jangan sepelekan masalah berat badan berlebih  pada anak. Obesitas menjadi penyakit yang perlu diwaspadai karena dapat berisiko diabetes dan penyakit lainnya. Dan obesitas meningkatkan risiko terjadinya kematian muda.

Menurut Ketua 2 Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Dr. Aman B. Pulungan, SpS(K)anak yang obesitas berisiko penyakit yang terkait dengan meningkatnya kematian prematur di bawah 55 tahun.

Data menunjukan 25 persen abak dengan obesitas menunjukan gejala intoleransi glukosa yang berpotensi menderita diabetes di masa mendatang. Selain itu juga cenderung mengalamu gangguan metabolisme lemak, polycystic ovary syndrome (PCOS), hipertensi dan berbagai penyakit lainnya.

"Angka obesitas anak Indonesia sudah sampai angka yang mengerikan. Obesitas meningkatkan risiko berbagai penyakit salah satunya diabetes," ujar Ketua 2 Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Dr. Aman B. Pulungan, SpS(K) seperti ditulis Jumat (19/7/2013).

Obesitas adalah kelebihan berat badan sebagai akibat penimbunan lemak tubuh yang berlebihan. Riset yang dilakukan pada 182 anak dengan obesitas menunujukan persentase yang cukup tinggi.

"Riset kami dilakukan pada 182 anak dengan obesitas usia 12-15 tahun menunjukan 3,8 persen mengalami intoleransi glukosa, sedangkan yang mengalami acanthosisi nigricans (tanda insulin resistance) sebanyak 93,9 persen," papar dr. Aman.

Kelebihan berat badan melibatkan beberapa faktor seperti genetik, psikis dan lingkungan seperti perilaku/pola gaya hidup.

"Anak sekarang lebih cenderung mengikuti perilaku gaya hidup yang serba instan, banyak yang lebih memilih junk food daripada makanan yang lebih sehat," tuturnya.

Pada anak dan remaja obesitas perlu dicegah dan jika sudah terjadi perlu adanya penanganan dan pengobatan khusus.

(Mia/Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Obesitas merupakan penumpukan lemak yang berlebihan sehingga membuat berat badan di atas normal.

    Obesitas

  • Diabetes (diabetes melitus) adalah suatu penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah.

    Diabetes

Video Terkini