Sukses

Bicara dengan Diri Sendiri? Bukan Gila Malah Menyehatkan Otak

Bisa jadi orang akan berpikir Anda gila bila bicara dengan diri sendiri. Namun sebenarnya ini adalah teknik menyehatkan otak

Berbicara dengan diri sendiri? Ketika Anda disuruh untuk melakukannya pasti Anda tidak mau untuk melakukan hal itu. Mungkin Anda berpikir seperti orang gila. Jangan salah, hal itu ternyata dapat menyehatkan otak Anda.

Seperti dilansir GeniusBeauty, Jumat (19/7/2013), para psikolog dari University of Wisconsin-Madison menyatakan bahwa berbicara dengan diri sendiri bukanlah penyimpangan, melainkan memberikan manfaat dan juga menyehatkan otak.

Sebuah percobaan telah dilakukan untuk membuktikan hal tersebut. Para peserta harus menemukan barang yang hilang secepat mungkin. Setengah dari peserta tidak boleh mengucapkan sepatah kata pun ketika melakukan permainan ini. Sedangkan, sisanya dipaksa untuk berbicara, misalnya dengan mengucapkan nama barang yang sedang dicari.

Hasilnya sungguh menakjubkan. Penelitian tersebut membuktikan bahwa sebuah pekerjaan akan lebih cepat dilakukan ketika Anda berbicara dengan diri Anda sendiri. Mereka menjelaskan apabila Anda berbicara dengan diri sendiri secara tidak langsung akan mempercepat proses persepsi dan cara berpikir. Otak pun terbantu untuk menemukan solusi yang tepat untuk memecahkan permasalahan.

Maka dari itu, tak ada salahnya jika Anda berbicara dengan diri sendiri ketika sedang beraktivitas.

(Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.