Sukses

Saat Buka Jangan Makan Buah yang Asam

Dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan yang manis dan menghindari buah yang asam saat buka puasa.

Wajar jika kita sering merasa lemas saat puasa. Ini karena cadangan energi di tubuh hanya cukup untuk 10 jam. Karena itu, dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan yang manis dan menghindari buah yang asam saat buka puasa.

Demikian disampaikan Ahli Gizi Klinik yang juga dosen di Universitas Indonesia dr. Fiastuti Witjaksono, MS, SpGK usai buka bersama Buavita di Masjid Istiqlal, Jakarta dan ditulis Rabu (17/7/2013).

"Pada saat buka puasa, jangan pilih buah yang asam. Ini akan mengiritasi lambung. Pilih buah yang segar dan manis agar kadar gula yang turun bisa naik kembali," ungkap Fiastuti.

Jika tidak ada buah-buahan segar, Anda boleh minum jus tapi harus jus buah asli bukan minuman rasa buah. Karena pada jus buah, terdapat serat yang bisa menggantikan kadar gula yang turun. Untuk memperoleh manfaat gula, pastikan mengonsumsi gula sesuai anjuran yang dibutuhkan.

"Walaupun dianjurkan mengonsumsi makanan atau minuman manis saat buka, tapi Anda perlu membatasi gula 5 sampai 10 persen dari total kalori sehari," jelasnya. (Baca juga: Air Kelapa Disarankan Saat Buka Puasa, Kenapa?)

(Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.