Perak Tingkatkan Efektivitas Obat Antibiotik

  • Info Sehat
  • 0
  • 18 Jul 2013 08:00

antibiotik-130716b.jpg
Banyak jenis obat golongan  antibiotik yang telah diciptakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Namun, cara kerja dari antibiotik tersebut tidak lagi efektif. Bakteri dan virus masih dapat hidup dan tetap menyebarkan penyakit walaupun Anda sudah mencoba untuk mengobatinya.

Itulah yang memicu para ahli mikrobiologi dari Universitas Boston untuk melakukan percobaan terhadap obat antibiotik. Peneliti tidak ingin menciptakan jenis obat baru lagi, melainkan cukup dengan meningkatkan efektivitas dari jenis obat yang sudah ada.

Seperti dilansir GeniusBeauty, Selasa (16/7/2013), untuk meningkatkan efektivitas dari obat antibiotik, para peneliti menambahkan kandungan perak ke dalam antibiotik. Hasilnya, efisiensi antibiotik meningkat hingga 1000 kali.

Para peneliti tersebut juga menemukan fakta bahwa logam mulia dapat membuat membran sel mudah ditembus. Selain itu, perak dipercaya dapat memerangi bakteri Gram-negatif, salah satu dari dua jenis utama bakteri yang menjadi penyebab timbulnya penyakit yang tidak dapat disembuhkan.

Tak hanya itu saja, perak juga dapat digunakan dalam implan medis dan dapat mengobati berbagai macam penyakit serius, seperti penyakit lambung, infeksi saluran kemih, dan mampu mengobati bakteri yang menutupi kateter.

(Mel/*)

Credit: Melly Febrida


Terpopuler