Sukses

Menkes Lebih Hargai Tenaga Medis Tak Lulus Tapi Berhati Mulia

Masih banyak tenaga kesehatan di Indonesia belum memenuhi syarat lulus Diploma III namun sudah mengabdi untuk masyarakat.

Tenaga kesehatan di Indonesia masih banyak yang belum memenuhi syarat kelulusan hingga Diploma III meski sudah mengabdi masyarakat dan menjalankan profesinya. Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi lebih menghargai tenaga kesehatan yang berhati mulia ini dibandingkan profesor dan dokter yang tak punya hati.

"Saya lebih prefer kepada tenaga kesehatan walaupun belum mencapai Diploma III namun sudah melayani masyarakat sepenuh hati, daripada yang profesor doktor namun tidak memiliki hati," ujar Menkes.

Menurut Nafsiah, tenaga kesehatan yang belum lulus DIII itu umumnya karena terhadang mengikuti program reguler akibat berpraktik di daerah terpencil.

"Sekitar 146.520 tenaga kesehatan yang belum memenuhi syarat namun sudah melayani masyarakat dengan hati, empati dan cinta," ujar Menteri Kesehatan RI, dr. Nafsiah Mboi, Sp.A, MPH, Selasa (16/7/2013).

Selain itu tenaga kesulitan tersebut kesulitan mendapatkan pendidikan dan pelatihan bidang kesehatan karena berada di daerah tertinggal, perbatasan, dan Kepulauan (DTPK), serta Daerah Bermasalah Kesehatan (DBK) seperti NTT, Papua, Papua Barat dan Kalimantan Timur.

(Mia/Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.