Sukses

7 Trik Mudah Menyeimbangkan Hormon

Hormon ini sangat memengaruhi kulit, pola tidur, berat badan, kesehatan reproduksi, suasana hati dan tingkat energi.

Menjaga keseimbangan hormon sangat penting dilakukan untuk menjaga kedamaian dan kesejahteraan fisik dalam hidup. Hormon ini sangat memengaruhi kulit, pola tidur, berat badan, kesehatan reproduksi, suasana hati dan tingkat energi.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk menyeimbangkan hormon Anda secara alami, seperti dilansir Allwomenstalk, Senin (15/7/2013)

1. Tidur

Tidur adalah saat perbaikan tubuh. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk menyeimbangkan hormon. Tanpa cukup tidur, tubuh kita akan menciptakan banyak masalah termasuk mengganggu sistem endokrin. Semua ahli merekomendasikan untuk tidur selama tujuh sampai sembilan jam sehari.

2. Kurangi stres

Ketika tingkat stres naik, tubuh kita akan mengalami peningkatan denyut jantung dan adrenalin. Hal ini mengakibatkan hormon kortisol yang dikeluarkan oleh kelenjar adrenal menjadi berlebihan.

Dalam sebuah artikel yang ditulis Elizabeth Scott, MD, kelebihan kortisol dalam jangka panjang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, ketidakseimbangan tiroid, kehilangan kepadatan tulang, hiperglikemia, berat badan, dan banyak lainnya.

Pelajari cara untuk mengatasi stres, mungkin dengan teknik bernapas untuk memungkinkan tubuh Anda untuk rileks beberapa saat.

3. Olahraga

Olahraga teratur akan membantu tidur lebih nyenyak di malam hari. Pastikan untuk selalu olahraga agar hormon tetap seimbang.

4. Diet sehat

Ketika hormon tidak seimbang, yang terbaik dilakukan adalah diet. Hindari makanan yang dapat membangun malapetaka pada sistem endokrin.

Makanan berserat dan berlemak alami sangat penting, seperti avokad, sayuran hijau, ubi jalar, dan blueberry.

5. Kurangi Kopi

Kafein merupakan stimulan hormon. Jadi, lebih baik mengurangi asupan kafein sebanyak mungkin.

6. Perbanyak vitamin D

Vitamin D sangat beepengaruh pada hormon. Jika Anda tidak dapat mendapat sinar matahari secara alami, pastikan konsumsi vitamin D dan suplemen B12 bila perlu.

7. Suplemen atau vitamin

Multivitamin hanyalah salahs satu dari beberapa cara untuk menyeimbangkan hormon. Pada kenyataannya, kehidupan kita akan lebih baik jika Anda menyeimbangkan hormon secara alami.

(Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.