Sukses

Cara Jitu Agar Anak Tak Cemas Saat Masuk Sekolah Pertama Kali

Ada banyak cara yang bisa dilakukan orangtua agar anak-anaknya merasa nyaman saat memasuki hari pertama di sekolah. Apa saja?

Tidak sedikit anak yang masih menginginkan ditemani orangtua saat sekolah di waktu yang lama. Emosi terkadang dapat mengalahkan logika, namun menurut Psikologi Anak, Ike R. Sugianto, Psi ada cara untuk mengatasi masalah ini.

"Orangtua boleh menemani anak di hari pertama sekolahnya, paling efektif tiga sampai 5 hari, namun ada yang lebih ketika emosinya mulai naik maka logika akan kalah" kata Ike saat diwawancari Liputan6.com, Senin (15/7/2013).

"Saat orangtua mengucapkan good bye pada anak yang ingin berangkat sekolah, selain sugesti positif bisa dilakukan dengan memegang lembut dahi," ujar Ike.

Jari-jari lembut orang tua dapat membantu menstimulasi otak anak, hal ini dapat meminta otak untuk tidak merasakan emosi negatif. Dengan cara menyentuh dengan lembut dahi anak menggunakan beberapa jari.

Hal ini menurut Ike dapat menyentuh titik fokus anak agar tidak merasakan gelisah dan cemas dan anak lebih sering bermain logika.

"Dahi anak berhubungan dengan otak depannya ketika disentuh tepat di titik positif maka orang tua dapat mengajarkan agar logika lebih menguasai emosi," paparnya.

"Biarkan anak beradaptasi dengan lingkungan yang baru, masa transisi ini memang butuh waktu namun orang tua, pihak sekolah memiliki peran penting untuk ini," jelasnya.

Saat meninggalkan  anak di lingkungan barunya pastikan sudah benar-benar siap. Orangtua menghindari cara-cara yang menciptakan fobia anak agar tetap merasa nyaman dan aman.

Ketika anak masih sulit ditinggalkan di waktu yang lama, maka orangtua dan pihak sekolah perlu mencari tahu penyebabnya.

"Orangtua banyak berkomunikasi dengan pihak sekolah dan sebaliknya, untuk menemukan cara atau solusi untuk menghadapi masalah pada anak," ungkap Ike yang berpraktik di Klinik Potencia Center, Arteri Jalan Panjang, Jakarta.

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini