Sukses

Cemas dan Gelisah di Hari Pertama Masuk Sekolah, Itu Biasa!

Rasa cemas, gelisah dan takut saat pertama kali masuk sekolah merupakan hal yang natural.

Tahun ajaran baru telah tiba, orangtua dan anak sibuk mempersiapkan hari pertama agar menjadi masa yang paling menyenangkan. Namun beragam kendala ditemukan ketika hari itu datang.

Cemas, gelisah dan takut akan terjadi terlebih pada anak yang memang baru pertama kali masuk sekolah.

"Rasa cemas, gelisah dan takut saat pertama kali masuk sekolah merupakan hal yang natural," ujar Psikologi anak, Ike. R. Sugianto, Psi saat diwawancarai Liputan6.com, Senin (15/7/2013).

Selain kemampuan beradaptasi, kematangan dan kesiapan anak juga diperlukan untuk menghadapi hari pertama sekolah.

Karakter dan kepribadian anak ikut menentukan dalam hal ini. Ada anak yang memeiliki karakter mudah (Easy Child), ada yang slow to warm up dan ada juga karakter yang sulit (difficult child).

Untuk anak dengan karakter Easy Child cenderung tidak mengalami kesulitan ketika harus beradaptasi dengan lingkungan baru.

Tidak sedikit orang tua menemani anaknya saat sekolah. Namun kemandirian anak perlu dilatih dan dididik sejak kecil.

"Efektifnya 3-5 hari anak ditemani orang tua saat pertama kali sekolah," jelas Ike yang Psikologi Anak di Potencia Center.

"Anak yang terlalu sering dibantu maka akan mengalami kesulitan ketika berada di lingkungan baru yang tidak ada lagi yang membantu seperti orang tuanya," paparnya.

Pola asuh juga memengaruhi kemandirian anak. "Ketika orang tua sudah mengetahui bahwa anaknya sudah memiliki kesiapan atau bisa melakukan sesuatu hal sendiri maka biarkan dan perhatikan." kata Ike.

"Hal ini dimaksudkan agar anak dapat memiliki kemandirian dan kepercayaan dirian," lanjutnya.

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini