Sukses

Puasa Bisa Cegah Kepikunan

Rupanya banyak manfaat puasa. Salah satunya mencegah Anda mengalami pikun

Berpuasa minimal dua hari seminggu dapat mengurangi risiko demensia. Puasa adalah perawatan medis umum yang dilakukan sejak dulu, penelitian baru menunjukkan mungkin ada alasan yang baik untuk itu.

Hasil penelitian menunjukan saat puasa seseorang hanya menerima sebanyak 500-800 kalori sedangkan pada hari biasa untuk wanita mencapai 2.000 kalori dan pada pria 2.500 kalori.

Asupan ini menyebabkan penurunan kadar faktor pertumbuhan hormon yang dikaitkan dengan kanker dan diabetes, serta pengurangan kolesterol 'buruk' LDL dan trigliserida (lemak) dalam darah.

Puasa juga dapat meningkatkan kinerja otak. "Puasa setidaknya satu atau dua hari dapat memicu proses perlindungan di otak," jelas Kepala Ilmu Saraf di United Stated National Institute On Ageing, Profesor Mark Mattson seperti dikutip Minggu (14/7/2013).

"Hal ini mirip dengan efek dari latihan, Ini bisa membantu melindungi otak terhadap penyakit degeneratif seperti Alzheimer dan Parkinso," ujar Profesor Mattson.

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini