Sukses

Lepaskan Emosi `Negatif` dengan `Self Suggestion`

Tidak perlu pergi ke hipnoterapis untuk menyelesaikan masalah emosi negatif. Hipnoterapi dapat dilakukan sendiri.

Tidak perlu pergi ke hipnoterapis untuk menyelesaikan masalah emosi negatif yang tidak terlalu dalam. Hipnoterapi dapat dilakukan sendiri dengan mudah. Misalnya ketika seseorang merasa cemas berlebihan saat menghadapi masalah maka dapat melakukan self suggestion dengan mudah.
 
"Semua orang dapat melakukan self suggestion tanpa perlu ke terapis. Untuk mengatasi masalah yang kerap datang dapat diatasi sendiri. Pikiran merupakan energi. Jadi kita bisa mengaturnya," jelas Hipnoterapi, Dr. MTH. Widya Saraswati CCH., CT seperti ditulis Kamis, (11/7/2013).
 
Widya menjelaskan cara menyugesti diri sendiri dengan menuliskan afirmasi. "contoh afirmasi dituliskan emosi dan subyek yang terkait kemudian diucapkan sembari mengetuk-ngetuk karate chop (telapak tangan bagian samping) kiri atau kanan," paparnya
 
Contoh Afirmasi:
"Meskipun aku merasa marah, takut (yang jadi masalah) dan segala sesuatu yang berhubungan dengan mantan (subjek yang terkait dengan masalah tadi) aku, aku menerima dan menghargai diriku seutuhnya, dan memutuskan untuk melepaskan semua emosi negatif ini, sekarang dan sekaligus secara permanen, demi kebaikan dan kemajuan hidupku saat ini, esok dan di masa depan."
 
Afirmasi tersebut dapat direkam kemudian diperdengarkan ke diri sendiri saat tubuh sedang rileks. "Bisa direkam dan didengarkan saat tubuh dalam keadaan rileks misanya sebelum tidur, biarkan terus mensugestikan positif kepada diri. Karena pikiran bawah sadar selalu aktif 24 jam," papar Widya.
 
"Hal ini juga dapat dilakukan dengan mensugesti orang lain, ibaratkan diri Anda menjadi orang tersebut kemudian ucapkan afirmasi dan mengira-ngira masalah apa yang sedang dihadapi setelah itu kembalikan diri Anda sendiri dengan hipnoterapi kembali," jelasnya.

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini