Sukses

Vitamin, Yoga, dan Nasi Merah Tak Sehat?

Beberapa hal mengejutkan yang kita anggap sehat, ternyata tidak sehat. Makanan bahkan penggunaan sunblock ternyata tidak ada manfaatnya.

Beberapa hal mengejutkan yang kita anggap sehat, ternyata tidak sehat. Kebiasaan, makanan bahkan penggunaan sunblock ternyata tidak ada manfaatnya bagi tubuh. Hal ini diperkuat dengan penelitian-penelitian.

Dilansir Cosmopolitan, Kamis (11/7/2013) beberapa hal ini tentu akan mengejutkan Anda.

1. Vitamin

Vitamin, segala sesuatu tentang vitamin dapat merusak kesehatan Anda. Sebuah penelitian bahkan pernah mengungkapkan bahwa vitamin A dan E dikaitkan dengan peningkatan mortalitas ( kanker, gagal jantung, dan lainnya). Alasannya? kandungan antioksidan yang tinggi pada vitamin, dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda.

2. Yoga

Jika tidak dilakukan dengan benar, yoga akan menyebabkan arthritis (radang sendi), trauma leher, gumpalan darah, cedera saraf permanen, kerusakan otak, stroke, bahkan rusanya struktur tulang. Dalam sebuah penelitian di tahun 2001-2002, angka pasien cedera akibat olahraga yoga meningkat dua kali lipat, terutama pada pasien yang berlebihan ketika membungkuk dan memutar.

3. Neti Pot

Neti pot atau alat yang berfungsi mengatasi peradangan sinus dengan mengaliri sinus dengan air ini sempat dipuji oleh Oprah, Dr Oz, dan Molly Sims. tapi setelah diteliti, pembersih hidung ini justru membahayakan orang yang alergi dan pilek.

Bukan hanya itu, alat ini diketahui memiliki efek samping seperti infeksi otak mematikan.

4. Nasi Merah

Sering kita dengar bahwa beras merah lebih sehat daripada putih karena mengandung gandum. Walaupun nasi merah cenderung lebih baik bagi penderita diabetes, tapi nasi merah merupakan karbohidrat yang buruk.

Laporan dari Consumer Reports investigasi menguji ratusan berbagai merek beras dan menemukan arsenik (racun) pada semua jenis beras.

5. Makanan yang dipanggang

Bahan makanan yang diawetkan dengan pengasapan,seperti sate, ikan bakar, ikan asap mengandung zat karsinogenik yang disebut benzo(a)pyrene. Zat ini merupakan produk dari pembakaran kayu atau arang yang masuk ke dalam daging, ayam, ikan melalui asap. Zat ini berasal dari reaksi radikal bebas yang terbentuk melalui proses pembakaran tidak sempurna pada bahan organik seperti gula, asam amino, lemak.

Proses penggorengan dengan menggunakan minyak goreng yang sama secara berulang akan menghasilkan produk oksidasi yang akan membentuk radikal bebas dan bila dikonsumsi dapat menimbulkan kerusakan sel. Minyak goreng yang berwarna coklat kehitaman bersifat karsinogenik.

6. Penggunaan sunblock

Badan pengawas obat dan makanan Amerika (FDA) saat ini sedang menyelidiki efek samping dari sunblock karena diduga berbahaya. Ada kekhawatiran ilmuwan, bahwa dengan menggunakan sunblock, seseorang akan menghirup produk kimia.

(Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini