Sukses

Mau Tidur Sambil Bakar Kalori? Tidurlah di Ruangan Dingin!

Para peneliti menemukan bahwa tidur dengan suhu dingin dapat membakar kalori lebih dari tuhuh persen dari ruangan yang hangat.

Semua orang butuh tidur untuk memulihkan energi tubuh setekah seharian beraktifitas. Selain untuk itu, ternyata tidur juga dapat membakar kalori tergantung dengan suhu pada ruangan.
 
Studi baru yang dilakukan oleh National Institute of Health Clinical Center suhu saat tidur dapat membakar kalori. Dikutip dari Womenshealthmag, Rabu (10/7/2013) Untuk penelitian ini dilakukan oleh 31 orang dengan kondisi sehat.
 
Ruangan saat tidur sebaiknya bersuhu sekitar 66 derajat celsius atau 75 derajat. Para peneliti menemukan bahwa tidur dengan suhu dingin dapat membakar kalori lebih dari tujuh persen dibanding ruangan yang hangat.
 
"Suhu ruangan dingin dapat membantu membakar kalori saat tidur, hal ini karena tubuh bekerja meningkatkan suhu tubuh inti ke 98,6 derajat agar stabil," kata penulis studi dari National Institute of Diabetes dan Pencernaan dan Penyakit Ginjal, Francesco Saverio Celi, MD, MHSC.
 
Ketika suhu ruangan berada di angka 66 derajat maka dapat membakar ekstra 100 kalori selama 24 jam tidur, paling tidak secara teori. "Jika Anda mencoba menurunkan beberapa kilogram, tidak ada salahnya untuk mengecilkan suhu sebelum tidur. Pastikan tidak menggunakan selimut tebal atau piyama hangat," tambahnya.

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini