Sukses

Tidur Tak Teratur Bikin IQ Anak `Jongkok`

Sebuah penelitian menemukan, anak-anak yang jadwal tidurnya tidak teratur berisiko memiliki IQ jongkok (bodoh) di masa datang.

Sebuah penelitian menemukan, anak-anak yang jadwal tidurnya tidak teratur berisiko memiliki IQ jongkok (bodoh) di masa datang.

Ketika seorang anak berusia 3 tahun sudah memiliki waktu tidur tidak teratur, akan mengalami kesulitan memahami pelajaran matematika, membaca, saat nanti anak itu berusia 7 tahun.

Para ahli percaya, tidur sangat penting bagi anak-anak karena memberikan otaknya kesempatan untuk memproses semua yang telah dipelajari olehnya di pagi hari.

Jika waktu tidur seorang anak saja sudah terganggu di masa muda, dapat menghalangi kemampuannya untuk belajar dan dapat memengaruhi prestasi akademik secara keseluruhan selama hidupnya.

"Perkembangan anak di usia dini memiliki pengaruh yang amat besar bagi kesehatan dan kesejahteraan hidup mereka," terang penulis utama penelitian, Profesor Yvonne Kelly, seperti dikutip Daily Mail, Selasa (9/7/2013)

Untuk itu, Yvone mengingatkan, kurangilah hal-hal yang tidak perlu ketika waktu tidur tiba, agar anak dapat tidur cepat dan memiliki waktu tidur yang berkualitas.

"Terutama jika itu terjadi pada saat-saat penting dalam masa pembangunan mereka. Itu memiliki dampak penting terhadap kesehatan anak di sepanjang hidupnya," tutupnya.

(Adt/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.