Sukses

Aktivitas Fisik Saat Puasa Bukan Cuma Olahraga, Tapi Salat Juga

Jika selama ini kita berpikir aktivitas fisik saat puasa hanya dilakukan dengan olahraga, ternyata salat juga termasuk didalamnya

Jika selama ini kita berpikir aktivitas fisik saat puasa hanya dilakukan dengan olahraga, ternyata salat juga termasuk didalamnya. Apalagi penelitian menyebutkan salat tarawih bisa membakar kalori sebanyak 100 sampai 200 kalori.

Hal tersebut disampaikan oleh pakar Geriatri (lanjut usia) dari Divisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/ RSCM Dr. Purwita, Sp.PD-KGer beberapa waktu lalu, dan ditulis Senin, (8/7/2013).

Menurutnya, aktivitas fisik seperti salat tarawih itu memiliki nilai tambah. Dalam sekali salat misalnya, ada yang melakukan 11 sampai 23 rakaat. Selain latihan meregangkan otot, kita juga dapat pahalanya.

"Tentunya jika dilakukan dalam keadaaan normal. Karena ada lansia yang salatnya memiliki kemampuan terbatas dengan duduk di kursi roda. Tapi jika dilakukan dengan normal, salat juga termasuk latihan membungkuk, sujud, dan berdiri," jelasnya.

Purwita menjelaskan, walaupun bulan puasa, seseorang harus tetap aktif beraktivitas. Baiknya melakukan olahraga kecil seperti jalan kaki mendekati waktu berbuka.

"Latihan jasmani ini itu untuk kebugaran supaya lebih fit. Tapi sesuai kemampuan ya," tambahnya.

(Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.