Berpuasa yang Benar Berat Badan Turun, Bukan Naik

By Aditya Eka Prawira

on Jul 08, 2013 at 10:07 WIB

Di beberapa penelitian, sudah dipaparkan dengan jelas berpuasa membuat orang yang melaksanakan menjadi sehat. Jka seseorang menjalani ibadah puasanya dengan benar maka berat badannya akan turun. Begitu pula dengan lemaknya yang ikut berkurang.

Demikian disampaikan Konsultan Gastroenterologi Hepatologi dari Kolegium PB-PAPDI, Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD, K-GEH, FINASIM, MMB, FACP.

"Ada pasien yang datang ke saya, 'Dok, mengapa berat badan saya berlebih ketika berpuasa?' Saya jawab bahwa dia hanya mendapatkan lapar dan hausnya saja. Tidak mendapatkan makna dari berpuasa itu sendiri," kata Dr. Ari Fahrial Syam, dalam acara 'Peluncuran Pusat Konsultasi Ahlinya Lambung', di Bandung, Jawa Barat, yang ditulis Senin (8/7/2013)

Jika memang benar orang tersebut berpuasa, tambah Ari, sudah seharusnya dia mengurangi makan. "Jangan pas puasa, ketika berbuka makan menjadi dua kali lipat. Itu berarti tidak mendapatkan hikmah berpuasa," terangnya.

Secara klinis, di beberapa penelitian yang didapatkan oleh Ari, memang sudah disebutkan, berpuasalah jika memang ingin benar-benar sehat.

(Adt/Mel)

Suka artikel ini?
Aditya Eka Prawira
Aditya Eka Prawira

  Full bio »

0 Comments