Sukses

Novi Amilia Belum Tentu Alami Gangguan Jiwa, Ada Alasan Lain?

Orang bisa nekat mempermalukan dirinya di depan umum. Orang seperti ini belum tentu gila karena ada pemicu lainnya.

Orang yang nekat mempermalukan dirinya di depan umum seperti Novi Amilia, model cantik yang pernah minta diperkosa, belum tentu gila atau mengalami gangguan jiwa. Bisa jadi ada pemicu lainnya.

"Orang yang mempermalukan dirinya di depan umum biasanya orang yang mengalami penilaian realita yang terganggu," kata Psikiater Dr Andri, SpKJ saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Rabu (3/7/2013).

Berikut hal-hal yang memicu orang nekat mempermalukan dirinya menurut Dr Andri:
  1. Penilaian realita terganggu
  2. Gangguan kejiwaan baik dari medis, fisik, atau zat-zat yang memengaruhi otak. Misalnya, gangguan kejiwaan Schizophrenia, menggunakan zat-zat seperti alkohol dan stimulan seperti ekstasi dan sabu.
  3. Demam tinggi
  4. Trauma di kepala usai tabrakan seperti gegar otak atau mengalami gangguan tumor.
  5. Penyakit demensia
Seperti diketahui, Novi Amilia, pengemudi mabuk dan telanjang yang menabrak 7 orang pada Oktober 2012 kembali membuat heboh pada Senin 1 Juli. Novi saat naik ojek membuka pakaian dalamnya dan teriak-teriak minta diperkosa. Urine model seksi itu telah diperiksa, dan hasilnya positif menggunakan narkoba jenis sabu.

(Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini