Sukses

Lansia Boleh Kok Berpuasa, Apa Saja Syaratnya?

Orang usia lanjut juga boleh berpuasa. tapi ada beberapa kondisi yang perlu diperhatikan

Pada dasarnya, orang usia lanjut juga boleh berpuasa, asalkan ia dalam kondisi yang sehat. Bahkan pada pasien geriatri juga dibolehkan selama stabil kondisi fisiknya dan terkontrol penyakitnya.

Begitu dikatakan Pakar Geriatri (lanjut usia) dari Divisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/ RSCM Dr. Purwita, Sp.PD-KGer yang ditemui saat diskusi publik bertemakan 'Puasa, Keadaan Lapar yang Menyehatkan' di kantor pusat IDI, Jakarta, Selasa (2/7/2013).

Menurut Purwita, lansia yang berpuasa tidak akan mengalami fungsi ginjal selama asupan cairannya terpenuhi. Bahkan dengan berpuasa, kadar kolesterol total, LDL, trigliserida, dan asam urat menurun.

"Puasa Ramadan tidak memberikan pengaruh negatif bahkan pada penyandang DM (Diabetes mellitus) selama pasien mengikuti petunjuk yang diberikan. Selain itu, lansia akan merasa efek psikologis seperti tenang dan damai," jelas Purwita.

Purwita menambahkan, tidak dianjurkan bagi lansia untuk tetap berpuasa jika kondisi fisik tidak memungkinkan. "Bagi pasien geriatri yang mengonsumsi obat-obatan, sesuaikan jadwal minum obat dengan waktu sahur dan berbuka puasa sesuai dengan petunjuk dokter,"katanya.

(Fit/Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.