Sukses

Kapan Waktu Tepat untuk Olahraga di Bulan Puasa?

Saat berpuasa, baiknya orang dewasa dan lansia tidak mengurangi aktivitas fisik. Hal ini bertujuan agar tubuh tidak lemas dan sendi tidak kaku. Tapi kapan waktu yang tepat untuk bergerak saat puasa?

Pakar Geriatri dari Divisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/ RSCM Dr. Purwita, Sp.PD-KGer, mengatakan, waktu yang tepat adalah 1-2 jam sebelum berbuka puasa.

"Jika kondisi lansia bagus, artinya sehat, ia harus tetap melakukan aktivitas fisik. Lakukan olahraga sesuai kemampuan. Waktu terbaik untuk melakukannya ialah saat mau mau berbuka. Sekitar pukul 4-5 sore agar ada jeda mempersiapkan buka puasa,"ungkap Purwita yang ditemui saat diskusi publik bertemakan 'Puasa, Keadaan Lapar yang Menyehatkan' di kantor pusat IDI, Jakarta, dan ditulis Rabu (3/7/2013).

Olahraga atau latihan ini menurut Purwita dilakukan untuk pembugaran.  "Untuk aktivitasnya sendiri, lansia boleh jalan pelan-pelan. Tidak perlu jauh-jauh. Sesuaikan dengan toleransinya. Kan ada lansia yang lututnya terbatas. Yang penting ada pergerakan sendi, jangan sampai habis energinya sebelum buka. Dan jangan kelelahan," kata Purwita.

(Fit/Mel/*)

Artikel Selanjutnya
Pembalap World Supersport 300 Lebaran di Indonesia
Artikel Selanjutnya
Jadwal Buka Puasa dan Imsak di 20 Kota pada Sabtu 24 Juni 2017