Sukses

7 Pelajaran yang Harus Anak Ketahui Sejak Kecil

Agar anak-anak Anda tetap di jalan yang benar, ada beberapa hal yang harus diberitahukan.

Orangtua menginginkan anaknya memiliki nilai-nilai tertentu di dalam hidupnya. Agar anak-anak Anda tetap di jalan yang benar, ada beberapa hal yang harus diberitahu sejak kecil.

Berikut hal-hal yang harus diketahui setiap anak seperti dikutip Magforwomen, Selasa (2/7/2013):

1. Uang tak membeli segalanya

Seorang anak harus tahu seseorang tak bisa membeli hal-hal seperti keluarga, kebahagiaan, kedamaian, bakat, kesehatan, dan banyak lagi. Semua hal ini benar-benar penting dalam kehidupan dan tak bisa dibeli dengan uang.

Anak juga harus tahu kesuksesan sejati itu bukan ketenaran dan kekayaan.

2. Menghormati

Ketika Anda memberika penghormatan, Anda akan mendapatkan penghormatan dari seseorang. Ini bukan sesuatu yang dapat dituntut dan harus diterima.

Seorang anak harus memahami nilai hormat dan tahu bahwa itu tak bisa dibeli dengan menjadi kaya dan memiliki banyak uang. Jika seseorang menghormati Anda hanya karena Anda kaya, maka Anda akan menemukan orang itu ada di samping Anda ketika sedang memiliki uang.

3. Hubungan butuh pemeliharaan


Tidak cukup hanya menyintai seseorang. Anak harus tahu bahwa untuk membuat sebuah hubungan itu berhasil membutuhkan banyak kesabaranm empati, rasa hormat, pemeliharan, pengasuhan dan konstan. Anda perlu berusaha agar hubungan itu berjalan.

4. Jangan mengambil apapun atau siapapun

Ketika Anda kehilangan sesuatu, Adna baru menyadari nilai sebenarnya. Seorang anak harus memahami bahwa Anda harus menghargai apa yang dimiliki karena Anda tidak tahu kapan itu akan diambil dari Anda. Terus-menerus bersyukur atas semua yang Anda miliki dan tahu pentingnya di dalam hidup Anda.

5. Keberuntungan dan kerja keras berjalan seiring

Seorang anak harus tahu bahwa Anda tak bisa duduk diam dan menunggu keberuntungan untuk membuka kesuksesan. Anda harus bekerja agar mencapai tujuan Anda. Semakin Anda bekerja keras, semakin mujur Anda. Dan anak harus menyadari hal ini dalam semua aspek.

6. Nilai disiplin

Anak penting memahami pentingnya disiplin dalam kehidupan seseorang. Baik itu olahraga, kesehatan, akademisi, karier, dan kesuksesan, semua membutuhkan disiplin.

7. Pentingnya mengatakan maaf

Terkadang semua membutuhkan maaf yang sederhana agar membuat semuanya benar. Seorang anak harus tahu bahwa meminta maaf adalah kekuatan dan tak boleh malu dan menghindari diri dari mengakui kesalahan.

Katakan kalau Anda minta maaf agar bisa memperbaiki hubungan yang rusak. Ini merupakan tanda kerendahan hati dan tanda Anda peduli dengan orang lain.

(Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.