Sukses

Kasus HIV/AIDS di Papua Capai 13.000 Lebih

Data Dinas Kesehatan Papua hingga 31 Desember 2012 jumlah pengidap HIV/AIDS di wilayah paling Timur Indonesia ini telah mencapai 13.276

Ketua Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Papua Drh Costan Karma mengungkapkan, berdasarkan data Dinas Kesehatan Papua hingga 31 Desember 2012 jumlah pengidap HIV/AIDS di wilayah paling Timur Indonesia ini telah mencapai 13.276 kasus.
    
"Melalui pelatihan penguatan kapasitas CST se kawasan Teluk Cenderawasih diharapkan dapat menekan penularan kasus HIV/AIDS di tanah Papua," ungkap Ketua KPA Costan Karma pada sambutan tertulis dibacakan Sekretaris KPA Biak Numfor Umar Saleh pada pelatihan CST di Biak, seperti dikutip Antara, Sabtu (29/6/2013).

Ia mengakui, penularan penyakit HIV/AIDS di Provinsi Papua setiap waktu mengalami peningkatan serta tidak mengenal latar belakang pengidapya.

Kepada semua elemen masyarakat, lanjut Costan Karma, harus senantiasa mencegah penularan bahaya penyakit HIV/AIDS dengan memberikan penyadaran dan penerangan kepada warga terhadap bahaya tertularnya virus mematikan ini.

"Pelatihan CST se kawasan Teluk Cenderawasih  diharapkan dapat meningkatkan pemahaman petugas di lapangan untuk mencegah penularan virus mematikan HIV/AIDS," harap Ketua KPA Costan Karma.

Pelatihan CST bagi petugas medis di wilayah Teluk Cenderawasih melibatkan pengelola VCT rumah sakit umum daerah, dokter Puskesmas, petugas medis perwakilan Biak Numfor, Serui, Waropen dan Kabupaten Supiori.
     
Ia berharap, setelah pelatihan CST diharapkan bisa menambah pengetahuan bagi petgas medis sehingga bisa mendukung kelancaran tugas penanganan pencegahan penularan HIV/AIDS di lingkungan tugas  bersangkutan.
     
Pelaksanaan kegiatan pelatihan penguatan kapasitas petugas CST akan  berlangsung selama dua hari Jumat dan Sabtu  berlangsung di ruang metting Aerotel Irian Jalan Muhammad Yamin Distrik Biak Kota.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini