Sukses

Anemia, Ketika Tubuh Tak Mampu Produksi Cukup Hemoglobin

Anemia adalah suatu kondisi di mana seseorang tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat.

Anemia adalah suatu kondisi di mana seseorang tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat, yang akan membawa oksigen cukup ke jaringan sel tubuh.

Kehilangan darah adalah penyebab paling umum dari anemia ini. Anemia dapat terjadi sementara atau dalam jangka waktu yang sangat panjang. Anemia pun ada yang sifatnya ringan sampai yang relatif parah.

Temui dokter jika Anda mencurigai diri sendiri memiliki Anemia, karena penyakit ini dapat menjadi tanda awal dari suatu penyakit yang serius. Anda mungkin dapat mencegah beberapa jenis Anemia dengan makanan dan diet yang sehat serta bervariasi.

Seperti dilansir Mayo Clinic, Rabu (26/6/2013), Anda dapat melihat gejala, penyebab, serta pengobatan dari Anemia ini

Gejala

Gejala Anemia sendiri bervariasi, tetapi mungkin termasuk di antaranya :

  • Kelelahan
  • Kulit pucat
  • Jantung berdetak lebih cepat dan tidak teratur
  • Sesak napas
  • Nyeri dada
  • Pusing
  • Masalah kognitif
  • Tangan dan kaki dingin
  • Sakit kepala

Awalnya Anemia bisa terasa sangat ringan tanpa diketahui pasti gejalanya. Akan tetapi, gejala meningkat seiring memburuknya Anemia.

Penyebab

Anemia terjadi ketika darah Anda tidak memiliki cukup sel darah merah. Hal ini dapat terjadi jika:

  • Tubuh Anda tidak membuat sel darah cukup
  • Perdarahan menyebabkan Anda kehilangan sel darah merah lebih cepat
  • Tubuh Anda menghancurkan sel-sel darah merah.

Penyebab umum dari Anemia

Jenis umum dari penyebab Anemia antara lain:

1. Anemia karena kekurangan zat besi

Anemia deifisiensi besi disebabkan oleh kurangnya unsur besi dalam tubuh. Sumsum tulang membutuhkan zat besi untuk membuat hemoglobin.

Tanpa zat besi yang cukup, tubuh Anda tidak dapat menghasilkan cukup hemoglobin untuk sel darah merah.

Jenis Anemia ini sering disebabkan oleh kehilangan darah, seperti dari pendarahan yang cukup berat saat menstruasi, maag, kanker, polip, di suatu tempat dalam pencernaan Anda, dan penggunaan aspirin atau obat yang berkepanjangan.

2. Anemia karena penyakit kronis

Penyakit kronis seperi kanker, HIV AIDS, penyakit Crohn dan penyakit inflamasi kronis lainnya, dapat mengganggu produksi sel darah merah, menyebabkan anemia kronis. Gagal ginjal juga dapat menyebabkan Anemia.

3. Anemia terkait dengan penyakit sumsum tulang tulang


Berbagai penyakit, seperti leukemia dan myelodysplasia, dapat menyebabkan Anemia dengan memengaruhi produksi darah dalam sumsum tulang Anda.

Efek dari jenis kanker dan kelainan seperti kanker bervariasi dari perubahan ringan dalam produksi darah yang mengancam nyawa.

Faktor risiko

Faktor-faktor risiko ini menempatkan Anda pada peningkatan risiko Anemia.

1. Diet kurang vitamin tertentu


Memilih diet yang konsisten rendah zat besi, vitamin B-12 dan folat meningkatkan risiko anemia.

2. Gangguan usus

Memiliki gangguan usus yang memengaruhi penyerapan nutrisi di usus kecil Anda. Seperti penyakit Crohn dan penyakit celiac, menempatkan Anda pada risiko untuk Anemia.

Operasi pengangkatan atau operasi pada bagian usus kecil Anda di mana nutrisi yang diserap dapat menyebabkan kekurangan gizi dan Anemia.

3. Menstruasi

Secara umum, wanita yang belum mengalami menopause memiliki risiko lebih besar besar Anemia, kekurangan zat besi, daripada pria dan wanita pascamenopause.

Itu disebabkan karena menstruasi menyebabkan hilangnya sel darah merah.

Pengobatan

Pengobatan untuk Anemia tergantung pada penyebabnya

1. Anemia karena kekurangan zat besi


Bentuk Anemia diperlakukan dengan perubahan dalam diet dan suplemen zat besi. Jika penyebabnya adalah zat besi adalah kehilangan darah, sumber perdarahan harus segera dihentikan. Ini mungkin harus dioperasi.

2. Anemi kekurangan vitamin anemia

Asam folat dan vitaminC defisiensi anemia diperlakukan dengan suplemen makanan dan meningkatkan nutrisi dalam diet Anda.

Jika sistem pencernaan Anda mengalami kesulitan menyerap vitamin B-12 dari makanan yang dimakan, Anda mungkin menerima B-12 dari suntikan vitamin.

3. Anemia karena penyakit kronis

Tidak ada pengobatan khusus untuk anemia jenis ini. Dokter harus berfokus pada mengobati penyakit yang mendasarinya.

Jika gejalanya semakin parah, transfusi darah atau suntikan eritropoiten sintetis, hormon yang biasanya dihasilkan oleh ginjal, dapat membantu merangsang produksi sel darah merah.

4. Anemia terkait dengan penyakit sumsum tulang

Pengobatan berbagai penyakit dapat berkisar dari obat sederhana untuk kemoterapi untuk transplantasi sumsum tulang itu.

5. Thalasemia

Anemia jenis ini dapat diobati dengan transfusi darah, suplemen asam folat, pengangkatan limpa (splenektomi), transplantasi sumsum tulang atau obat kanker.

(Adt/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.